Badan Eksekutif Mahasiswa Sintang Ajak wujudkan Pemilu Damai

Editor: Redaksi author photo

BEM Sintang gelar orasi damai

KALBARNEWS.CO.ID (SINTANG)
- Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sintang ini menggelar orasi dengan tujuan mendorong terciptanya Pemilu 2024 yang damai dan demokratis. Aksi damai yang digelar di Bundaran Tugu Adipura, Simpang Lima Sintang tersebut mahasiswa menekankan pentingnya menjaga proses demokrasi yang adil dan transparan di masa depan.pada Selasa, (16/1/2024). 


Kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian kalangan mahasiswa dalam berpolitik dengan mengedepankan pemilu aman dan damai di Wilayah Kabupaten Sintang.


Para mahasiswa menyampaikan Pemilu 2024 harus menjadi momentum penting bagi kemajuan demokrasi di Indonesia. Mereka menyoroti pentingnya menjaga integritas Pemilu, menghindari praktik-praktik politik yang tidak sehat, politik uang dan melawan segala bentuk kecurangan demi tercapainya pemilihan yang adil.


BEM Sintang  juga mengajak semua pihak untuk berkolaborasi dalam membangun iklim politik yang kondusif dan saling menghormati dalam proses pemilihan. Mereka menekankan pentingnya dialog yang terbuka antara partai politik, pemilih, dan penyelenggara Pemilu agar dapat menciptakan lingkungan yang inklusif dan demokratis.


"Kita harus menghormati perbedaan pendapat dan menghindari konflik yang berpotensi merusak proses demokrasi,' ungkap Fransiskus Agustyan Sanda.


Mereka berharap bahwa Pemilu 2024 akan menjadi ajang di mana seluruh masyarakat dapat menyampaikan aspirasi mereka secara damai dan melalui mekanisme demokratis yang ada.


Melalui orasi ini, ratusan mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa Sintang berusaha memberikan kontribusi positif bagi perjalanan demokrasi di Indonesia. Mereka berharap bahwa pesan damai dan demokratisasi yang mereka sampaikan akan didengar oleh berbagai pihak terkait agar tercipta Pemilu 2024 yang adil, transparan, dan berkualitas.


"Kami BEM se-kabupaten Sintang berkomitmen mendukung pemilu 2024 yang damai dan demokratis,tanpa ada perpecahan di antara sesama anak bangsa. menolak segala bentuk hoax, kekerasan, ujaran kebencian,provokasi, dan fitnah sara dalam pemilu 2024, kami mengajak seluruh masyarakat Sintang untuk bersatu dan mendukung pemilu damai dan bermartabat yang selalu menghargai perbedaan pilihan." ungkap Ketua korda 2 BEM se-Kalbar wilayah sektor timur Kabupaten Sintang, Fransiskus Agustyan Sanda dalam orasinya. 


Dia menyatakan bahwa aksi tersebut dari BEM se Kalbar khususnya Sintang menggelar orasi dan deklarasi  pemilu damai. Kami dari BEM se Kalbar mendukung pemilu berlangsung damai, nyaman dan sukses dan bisa masyarakat ambil pikiran menjadikan pemilu ini yang berintegritas damai aman di kabupaten Sintang. 


"Poin penting kepada masyarakat berfikir menjadikan pemilu ini politik tanpa uang, jangan dengarkan hoax yang ada. Kami menyarankan pada masyarakat pikirkan sejenak menjadikan pemilu damai." jelasnya.

Ada 5 BEM yang tergabung baik dari Ungka, Staima, STTIS, STTK dan STKIP Persada Khatulistiwa orasi tersebut dapat pengawalan ketat dari Polres Sintang. Setelah menyampaikan aspirasinya ratusan mahasiswa tersebut membubarkan diri masing-masing.(tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini