UTS Public Speaking Mahasiswa Praktek di Lapangan

Editor: Redaksi author photo

Program studi Tadris Bahasa Indonesia IAIS Sambas melaksanakan kegiatan praktek untuk memenuhi tugas Ujian Tengah Semester

KALBARNEWS.CO.ID (SAMBAS) - Program studi Tadris Bahasa Indonesia IAIS Sambas melaksanakan kegiatan praktek untuk memenuhi tugas Ujian Tengah Semester (UTS) dengan cara melakukan Public Speaking di masyarakat. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Senin, 27 November 2023.


Tina salah satu mahasiswa program studi Tadris Bahasa Indonesia semester 5 mengungkapkan bahwa setelah melaksanakan kegiatan UTS seperti ini banyak manfaat yang saya dapat seperti proses belajar mengajar yang telah saya lakukan di TPA Al-Hidayah Desa Kartiasa , Kecamatan Sambas tepatnya di komplek Villa Bhayangkara.


Dengan kegiatan UTS seperti ini banyak memberikan saya pengalaman dan pelajaran bahwa  berpublic speaking dengan audience yang sebagian besar anak-anak tidak semudah yang saya bayangkan dan harus memiliki persiapan yang cukup matang, baik dari segi mental maupun pemahaman terhadap materi.


Saya senang bisa berkesempatan memberikan materi di TPA Al-hidayah, santri-santrinya juga aktif walaupun masih ada sebagian yang pasif, ungkapnya.


Menurut Bayu selaku Dosen pengampu mata kuliah Public Speaking program studi Tadris Bahasa Indonesia di IAIS Sambas menjelaskan bahwa, tujuan dengan diadakannya tugas Ujian Tengah Semester (UTS) seperti terjun langsung kelapangan ini senantiasa untuk membentuk karakter mahasiswa agar lebih mengembangkan kemampuannya dalam berbicara didepan umum. 


Bentuk kegiatan seperti melakukan Public Speaking didepan umum dengan berbagai kegiatan di setiap mahasiswa tersebut tergantung dari penguasaan yang dimiliki oleh mahasiswa itu sendiri di lapangan. 


Dengan diadakannya UTS seperti ini harapannya agar mahasiswa akan terbentuk karakter percaya diri dalam berbicara didepan umum dan juga terlebih bisa mengembangkan diri untuk melatih kemampuan mahasiswa dalam berinteraksi dan berkomunikasi terhadap lingkungan sekitar.


Serta bisa mendapatkan manfaat dari kegiatan praktek tersebut untuk dapat menambah wawasan lebih luas tentang apa yang dilakukan, tutup Bayu.(Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini