Bakamla RI Gelar Forum Konsultasi Publik |
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) — Bakamla RI gelar Forum Konsultasi Publik (FKP) dengan mengusung tema "Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Bakamla RI". Forum dibuka oleh Analis SDM Aparatur Ahli Madya Bakamla RI Kolonel Bakamla CH. Anam, S.E., M.Tr.Hanla., mewakili Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Bakamla RI. Kegiatan berlangsung secara hybrid, berpusat di Aula Ary Hasibuan, Mabes Bakamla RI, Selasa (21/11/2023).
Forum ini bertujuan untuk mengumpulkan
gagasan serta opini dari seluruh lapisan publik terhadap kebijakan
penyelenggara pelayanan publik, serta memberikan rekomendasi kepada setiap unit
pelayanan publik di Bakamla RI untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan
melakukan inovasi agar dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dan stakeholder
maritim secara optimal.
Untuk diketahui, Pada Semester I Tahun
2023, Bakamla RI telah melakukan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Pelayanan
Publik dengan predikat "Sangat Baik" dengan nilai rata-rata 89,19.
Nilai SKM tersebut berdasarkan 9 pertanyaan yang disurvei baik secara fisik
maupun online kepada para pengguna layanan publik Bakamla RI.
Fokus Pelayanan Publik yang akan di
evaluasi pada forum ini adalah 3 dari 8 pelayanan publik yang dimiliki Bakamla
RI, meliputi Pelayanan Pembinaan Masyarakat Maritim, Pelayanan Pengelolaan,
Pengumpulan, dan Pengolahan Informasi Publik melalui IMIC, serta Pelayanan
Perbantuan Keselamatan Laut.
Lima pelayanan publik lainnya yaitu
Pelayanan Contact Center Keamanan dan Keselamatan Laut, Pelayanan Magang/PKL (Praktek
Kerja Lapangan)/Kuliah Kerja/Penelitian, Pelayanan Penyediaan Data Indeks
Keamanan Laut, Pelayanan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Bakamla RI,
dan Pelayanan Kesehatan Personel Bakamla RI.
Forum ini turut menghadirkan Narasumber
Dr. Phil. Shiskha Prabawaningtyas dari Universitas Paramadina, yang membawakan
paparan berjudul "Evaluasi Implementasi Kebijakan Pelayanan Publik di
Lingkungan Bakamla RI", dan di moderatori oleh Dr. M. Arsyad AI Amin,
S.P., M.Si., dari Institut Pertanian Bogor. Sedangkan peserta yang ikut serta
dalam rapat ini yakni Unit Penyelenggara Layanan dan para Analis Kebijakan
Bakamla RI, narahubung instansi dalam dan luar negeri, perwakilan
pengguna layanan Bakamla RI, Stakeholder Pelayanan Publik, perwakilan dari himpunan
masyarakat maritim, Ahli/Praktisi, dan perwakilan media massa nasional. (Tim
liputan)
Editor : Aan
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) — Bakamla RI gelar Forum Konsultasi Publik (FKP) dengan mengusung tema
"Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Bakamla RI". Forum dibuka oleh
Analis SDM Aparatur Ahli Madya Bakamla RI Kolonel Bakamla CH. Anam, S.E., M.Tr.Hanla.,
mewakili Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Bakamla RI. Kegiatan
berlangsung secara hybrid, berpusat di Aula Ary Hasibuan, Mabes Bakamla RI,
Selasa (21/11/2023).
Forum ini bertujuan untuk mengumpulkan
gagasan serta opini dari seluruh lapisan publik terhadap kebijakan
penyelenggara pelayanan publik, serta memberikan rekomendasi kepada setiap unit
pelayanan publik di Bakamla RI untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan
melakukan inovasi agar dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dan stakeholder
maritim secara optimal.
Untuk diketahui, Pada Semester I Tahun
2023, Bakamla RI telah melakukan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Pelayanan
Publik dengan predikat "Sangat Baik" dengan nilai rata-rata 89,19.
Nilai SKM tersebut berdasarkan 9 pertanyaan yang disurvei baik secara fisik
maupun online kepada para pengguna layanan publik Bakamla RI.
Fokus Pelayanan Publik yang akan di
evaluasi pada forum ini adalah 3 dari 8 pelayanan publik yang dimiliki Bakamla
RI, meliputi Pelayanan Pembinaan Masyarakat Maritim, Pelayanan Pengelolaan,
Pengumpulan, dan Pengolahan Informasi Publik melalui IMIC, serta Pelayanan
Perbantuan Keselamatan Laut.
Lima pelayanan publik lainnya yaitu
Pelayanan Contact Center Keamanan dan Keselamatan Laut, Pelayanan Magang/PKL (Praktek
Kerja Lapangan)/Kuliah Kerja/Penelitian, Pelayanan Penyediaan Data Indeks
Keamanan Laut, Pelayanan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Bakamla RI,
dan Pelayanan Kesehatan Personel Bakamla RI.
Forum ini turut menghadirkan Narasumber
Dr. Phil. Shiskha Prabawaningtyas dari Universitas Paramadina, yang membawakan
paparan berjudul "Evaluasi Implementasi Kebijakan Pelayanan Publik di
Lingkungan Bakamla RI", dan di moderatori oleh Dr. M. Arsyad AI Amin,
S.P., M.Si., dari Institut Pertanian Bogor. Sedangkan peserta yang ikut serta
dalam rapat ini yakni Unit Penyelenggara Layanan dan para Analis Kebijakan
Bakamla RI, narahubung instansi dalam dan luar negeri, perwakilan
pengguna layanan Bakamla RI, Stakeholder Pelayanan Publik, perwakilan dari himpunan
masyarakat maritim, Ahli/Praktisi, dan perwakilan media massa nasional. (Tim
liputan)
Editor : Aan