Peringati HUT Polairud Ke-73, Kabaharkam Polri Lakukan Penanaman Mangrove Dan Bersih Pantai

Editor: Redaksi author photo

 Kabaharkam Polri Lakukan Penanaman Mangrove Dan Bersih Pantai

KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) – Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Dr. H. Mohammad Fadil Imran, M.Si  turun langsung memimpin kegiatan Bakti Sosial (Baksos) Penanaman Pohon Mangrove dan Bersih Pantai dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-73 Korps Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) Tahun 2023.

 

Pelaksanaan Kegiatan Bakti Sosial, Penanaman Pohon Mangrove dan Bersih Pantai dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-73 Korps Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) Tahun 2023 dipusatkan di Desa Tanjung Pasir Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang Provinsi Banten pada hari Sabtu (25 November 2023).

 

Dalam kegiatan tersebut Kabaharkam Polri, Komjen Pol Dr. H. Mohammad Fadil Imran, M.Si.) didampingin oleh Plt. Kakorpolairud, Brigjen Pol M.Yassin Kosasih, S.I.K., M.Si., Kakorbinmas, Irjen Pol Hary Sudwijanto, S.I.K., M.Si,  Plt. Kakorsabhara,  Brigjen Pol Ahmad Subarkah, S.I.K., M.H

 

Tampak juga Direktur Polisi Udara (Dirpoludara), Brigjel Pol Agus Pranoto, M.H, Dirbintibmas Korbinmas, Brigjel Pol M. Rudy Syarifudin, S.I.K., S.H, Dirbinpotmas Korbinmas, Brigjel Pol Edy Murbowo, S.IK., M.Si, Dir Pamobvit Korsabhara, Brigjen Pol Suhendri, S.H., S.I.K, Anjak Utama Baharkam Polri Polair, Brigjen Pol Tubuh Musyareh.

 

Para PJU Jajaran Korpolairud; Anjak Madya Korpolairud; Dirpolairud Polda Metro Jaya,  Dandim 0506 Tangerang, Kapolres Metro Tangerang,  Danramil 01 Teluknaga, Kapolsek Teluknaga, Kapos AL Tanjung Pasir.

 

Hadir juga Penjabat (Pj) Bupati Tangerang, Budi Hartono, Sekda Kabupaten Tangerang, Camat Teluknaga, Kepala Dinas (Kadis) Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Kabupaten Tangerang, Kepala Dinas (Kadis) Sosial dan Ketenagakerjaan Kabupaten Tangerang,  Kepala BPDAS Citarum Ciliwung, Kepala BKSDA Jakarta, Kepala Adm Perhutani/KKPH Banten.

 

Kepala Dinas (Kadis) Perikanan Tangerang, Township Managemen Director PT. Agung Sedayu Group, Perwakilan Yayasan Konservasi Alam Nusantara, Perwakilan Yayasan Buddha Tzu Ch, Kepala Desa Tanjung Pasi,  Tomas,Toga,Toda dan Ketua Kelompok Nelayan Desa Tanjung Pasir.

 

Dalam kegiatan tersebut Kabaharkam, Komjen Pol Dr. H. Mohammad Fadil Imran  juga melakukan penyerahan sembako kepada perwakilan masyarakat Tanjung Pasir dilanjutkan dengan mengunjungi pemukiman warga.

 

Dalam sambutannya Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Dr. H. Mohammad Fadil Imran, M.Si  mengapresiasi keikutsertaan semua elemen dalam kegiatan baktisosial Bersih Pantai dan Penanaman Pohon Mangrove dalam rangka HUT Polairud Ke-73 ini.

 

"Selama ini kita hanya mengambil manfaat dari laut, sudah waktunya kita melakukan tindakan untuk untuk melestari kan pantai pesisir dan laut, Sesuai Semboyan Polair "Arnavat Darpha Mahe" Karena Di Laut Kami Bangga, kegiatan bersih pantai dan penanaman mangrove ini harus menjadi salah satu kebanggaan Polair yaitu melestariakan lingkungan laut dan pantai, Penanaman mangrove adalah salah satu program nasional dan kebijakan dunia yang dikenal dengan nama " Blue Carbon" yaitu projek yang mengharuskan semua negara untuk memproduksi oksigen melalui Hutan Mangrove,” jelas Komjen Pol Dr. H. Mohammad Fadil Imran .

 

Kabaharkam Polri ini menegaskan bahwa manfaat Kelestarian Mangrove selain untuk kelestarian lingkungan juga bernilai secara ekonomis tempat hidup bagi kepiting dan ikan sehingga nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir.

 

"Polair seluruh Indonesia harus bergabung dalam Gerakan Nasional Penanaman Mangrove, Seluruh, Seluruh Jajaran Polrairud Polda diharapkan berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk mencari daerah dalam melaksana kan kegiatan penanaman mangrove secara berkelanjutan," tegasnya.

 

Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Dr. H. Mohammad Fadil Imran, M.Si  berharap melalui moment Bakti Sosial HUT ke-73 Polairud Ini bisa mengembalikan fungsi dan kelestarian hutan mangrove yang menurut survei 60 persen  hutan mangrove sudah hilang terdegradasi Indonesia salah satu negara dengan hutan mangrove terbesar di Dunia.

Ia juga menyampaikan harapan dengan pelestarian hutan mangrove dapat menanggulangi perubahan iklim,meningkatkan ketahanan masyarakat pesisir, serta mengurangi dampak abrasi okeh gelombang air laut, Pemerintah secara konsisten terus mendorong program rehabilitasi mangrove dalam hal ini Polri ikut mendukung pelestarian lingkungan melalui penanaman 73000 mangrove dan 2000 nya ada ditempat ini,

 

“Semoga gerakan penanaman mangrove ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat sesuai apa yang disampaikan oleh Presiden Jokowi Dan Kapolri dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Negara Kepulauan "Archipelagic and Island States Forum" tahun 2013 di Bali beberapa waktu lalu,” jelas Kabaharkam Polri.

 

Sementara itu Penjabat (Pj) Bupati Tangerang, Budi Hartono mengatakan bahwa kondisi geografis dan masyarakat di Kabupaten Tangerang ada 8 Kecamatan dan 25 Desa yang berada di pesisir pantai serta yang mengalami kerusakan akibat abrasi air laut.

 

“Ada sekitar 579 hektar dan yang ada di Tanjung Pasir sekitar 102 hektar dan di kelola oleh Perhutani dan baru sekitar 20 saja saja yang direhabilitasi  yaitu sekitar 21 hektar,” ungkapnya.

 

Penjabat (Pj) Bupati Tangerang, Budi Hartono mengucapkan terimakasih atas inisiasi kegiatan Penanaman Mangrove Dan Bersih Pantai yang dilaksanakan oleh Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) dalam rangka HUT Polairud Ke-73 ini di wilayahnya.

 

“Sekali lagi saya ucapkan terimakasih atas adanya kegiatan penanaman mangrove karena sangat membatu kami karena kegiatan Penanaman Mangrove Dan Bersih Pantai ini sangat bermanfaat secara ekonomis bagi masyarakat pesisir,” pungkasnya. (Slh/tim liputan).

 

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini