Antisipasi Karhutla PT GAN Serahkan Bantuan Sarpras Damkar

Editor: Redaksi author photo

PT GAN Serahkan Bantuan Sarpras Damkar

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA)
- Kebakaran hutan dan lahan  yang menjadi musibah tahunan, dalam hal ini di Kecamatan Sungai Raya dan Sungai Ambawang dimana beberapa bulan lalu dua kecamatan tersebut kebakaran lahan cukup tinggi. 



Guna antisipasi Karhutla, setelah tahun lalu mengadakan Latgab Penanganan Karhutla , kali ini pihak PT GAN menyerahkan bantuan sarpras damkar berupa 2 Unit mesin Pompa damkar, 2 roll selang hisap, 4 roll selang dorong, 4 pcs Nozel,  30 pcs baju serta 30 pcs topi rimba untuk masyarakat Peduli Api (MPA)  desa Muara Baru dan Desa Teluk Bakung. Bantuan tersebut diserahkan secara langsung oleh Group Estate Manager PT Graha Agro Nusantara Lumba Aman Purba pada selasa 7 November 2023.



"Hari ini kita menyerahkan Sapras Damkar untuk tiga desa di kecamatan sungai Raya dan Kecamatan Sungai Ambawang, ini merupakan kegiatan kesekian kalinya kita lakukan untuk antisipasi karhutla," ungkap Lumba Aman Purba.



Camat Sungai Raya Muhammad Ikhsan Sukendra mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasinya  pada PT GAN, serta berharap dengan kerjasama yang baik antara pihak perusahaan dengan masyarakat berharap penanganan kebakaran dapat ditangani sedini mungkin dan meminimalisir kebakaran yang meluas. Dan meminta perusahaan lannya juga melakukan hal yang serupa. 



"Langkah yang dilakukan perusahaan PT. GAN ini sangat baik dalam upaya pencegahan karhutla di wilayah Kubu Raya, kita berharap Perusahaan lain Juga melakukan hal serupa sehingga bisa mencegah karhutla sejak dini," tutur Camat Sungai Raya.




Salah satu Masyarakat Peduli Api Yang menerima bantuan mesin dari PT. GAN Rajali mengatakan sangat berterimakasih kepada Perusahan yang peduli terhadap lingkungan Desa Mereka, Terlebih bantuan ini sudah beberapa kali diberikan di sekitaran wilayah kerja perusahaan. 




"Kami mengucapkan Terimakasih kepada GEM PT. GAN pak Lumba Aman Purba sehingga kami bisa mendapatkan mesin untuk mencegah kebakaran lahan didesa kami, kami berharap bantuan semacam ini ditingkatkan lagi," ungkap Rajali.




GEM PT GAN Lumba Aman Purba mengatakan kegiatan kali ini merupakan  upaya perusahaan untuk penguatan terhadap Tim MPA tiap Desa sebagai bentuk pelaksanaan komitmen perusahaan yaitu secara aktif bersinergi bersama-sama  masyarakat dalam menjaga lingkungan sekitar dari bahaya kebakaran. 



Dengan adanya bantuan dan kerjasama yang baik dengan para stake holder dalam hal ini Tim MPA Desa maka penanganan kebakaran lahan bisa kita atasi dengan cepat. Kedepan kami akan menjalin jaringan dengan MPA dari desa lainnya guna  memperluas kerjasama dalam penanganan kebakaran lahan.



"Kami berharap apa yang kami berikan ini mampu mencegah kebakaran lahan jika terjadi disekitaran wilayah Perusahaan, sebab selain bantuan mesin bagi MPA, kami juga memiliki gudang damkar jika terjadi karhutla kerap digunakan untuk membantu proses pemadaman," jelas Lumba Aman Purba.



Lahan disekitar perusahaan ini lahan merupakan lahan  gambut,  sehingga selalu waspada, meski demikian diakui tidak ada kebakaran dilahan perusahaan karna sudah mengantisipasi dengan mengerahkan tim dan peralatan kebakaran yang kami miliki, serta  penggunaan alat berat excavator membuat sekat untuk  mencegah agar kebakaran tidak meluas.



"Lahan Perusahaan kami ini sebagain besar lahan gambut sehingga perlu antisipasi sejak dini agar jika ada kebakaran bisa langsung cepat diatasi agar tidak meluas," tambah Lumba aman Purba.



Lumba Aman Purba menambahkan sebagai bentuk kerjasama dan kekompakan dilakukan penandatangan komitmen bersama melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan oleh para stake holder.(Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini