Pentingnya Pendidikan bagi Diri Kita

Editor: Redaksi author photo

Dosen IAIS Sambas Bayu, M.Pd
KALBARNEWS.CO.ID (SAMBAS) -  (Dengan perkembangan zaman di dunia pendidikan yang terus berubah dengan signifikan sehingga banyak mengubah pola pikir pendidik, dari pola pikir yang awan dan kaku menjadi lebih modern. Senin (2 Oktober 2023)


Etimologi kata pendidikan itu sendiri berasal dari bahasa latin yaitu educare, berarti menuntun, mengarahkan, atau memimpin. Setiap pengalaman yang memiliki efek formatif pada cara orang berpikir, merasa, atau tindakan dapat dianggap pendidikan.


Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak.


Pendidikan umumnya dibagi menjadi tahap seperti prasekolah, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, dan kemudian perguruan tinggi, universitas atau magang.


Tujuan pendidikan adalah untuk mencerdaskan bangsa, membentuk sumber daya manusia yang andal dan berdaya saing, membentuk watak dan jiwa sosial, berbudaya, berakhlak mulia dan berbudi luhur, berwawasan luas, serta menguasai teknologi sehingga dapat berkarya secara inovatif, kreatif, dan tepat guna.


Seiring pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan informasi, proses pembelajaran dalam dunia pendidikan pun harus senantiasa diselaraskan dengan perkembangan yang terjadi agar tercapai tujuan pendidikan yang diharapkan.


Kegiatan pembelajaran merupakan proses pendidikan dengan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensinya menjadi kemampuan yang semakin lama semakin meningkat dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan untuk hidup dan bermasyarakat, berbangsa, dan berkontribusi bagi kesejahteraan hidup umat manusia.


Kegiatan pembelajaran diarahkan untuk memberdayakan semua potensi peserta didik menjadi kompetensi yang diharapkan.


Karena pendidikan itu sendiri akan lebih mudah memotivasi diri kita untuk lebih baik lagi dalam segala aspek kehidupan diri kita. (Tim Liputan)

Editor : Aan


(Penulis : Dosen IAIS Sambas)

Share:
Komentar

Berita Terkini