Pemkab Mempawah Gelar Kegiatan Sosialisasi Kampanye Sekolah Sehat

Editor: Redaksi author photo

 Pemkab Mempawah Gelar Kegiatan Sosialisasi Kampanye Sekolah Sehat
KALBARNEWS.CO.ID (MEMPAWAH) - Dalam rangka mewujudkan pendidikan yang baik, Pemerintah Kabupaten Mempawah mengadakan Kegiatan Sosialisasi Kampanye Sekolah Sehat (KSS) di Balairung Setia Kantor Bupati Mempawah, Senin (9/10/2023).



Kegiatan sosialisasi merupakan langkah masif yang berfokus pada 3S (sehat bergizi, sehat fisik dan sehat imunisasi) bagi para Kepala Sekolah dan Pembina UKS/M se-Kabupaten Mempawah.



Bupati Mempawah Erlina saat membuka kegiatan sosialisasi, turut dihadiri Sekda Mempawah Ismail, Kemenag Mempawah, Kepala OPD, Camat, Kepala Sekolah TK/RA Se-Kabupaten Mempawah.



"Saya berharap semua pihak memahami pentingnya kampanye sekolah sehat. Selain itu, mengambil peran, bersinergi serta dapat berkolaborasi dalam penerapannya di satuan pendidikan," ujarnya.



Lebih lanjut, Erlina menyampaikan bahwa selama ini upaya kesehatan peserta didik telah dilakukan melalui usaha kesehatan sekolah (UKS). Hal ini perlu di gemakan kembali UKS di satuan pendidikan, sehingga Pemerintah meluncurkan KSS.



Ia pun menegaskan sekolah sehat bukan sekedar program kegiatan, namun gerakan bersama dari berbagai pihak mulai dari pemerintah, sekolah, peserta didik, orang tua, hingga mitra swasta, serta nirlaba.



Dalam kesempatan itu, Bupati Erlina turut menyoroti maraknya aksi perundungan atau bullying yang dilakukan anak di usia sekolah yang perlu menjadi perhatian bersama agar ke depan tidak terjadi kembali.



"Aksi bullying yang terjadi saat ini, walaupun bukan terjadi di Kabupaten Mempawah namun kita sebagai orang tua harus melakukan tindakan preventif. Ajarkan selalu pendidikan agama yang baik," jelasnya.



Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Kesra Setda Kabupaten Mempawah, Rohmat Effendy selaku panitia pelaksana mengatakan kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada 9-11 Oktober 2023, diikuti oleh 504 peserta yang terpusat di Aula Balairung Setia Kantor Bupati Mempawah.



Dalam tiga hari tersebut akan, peserta sosialisasi akan dibagi menjadi tiga sesi dengan materi yang diberikan mengenai Advokasi Gerakan Sekolah Sehat, Kampanye Sekolah Sehat, dan Rencana Aksi.



Disampaikan Rohmat, hari pertama pada Senin 9 Oktober 2023, Peserta yang hadir berjumlah 92 orang terdiri atas 74 Perwakilan Sekolah TK dan RA Se Kabupaten Mempawah, 9 orang dari Tim Pembina UKS/M Kabupaten Mempawah dan 9 orang dari Tim Pembina UKS/M Kecamatan Se-Kabupaten Mempawah.



Kemudian di hari kedua, Selasa 10 Oktober 2023, Peserta yang hadir berjumlah 252 orang terdiri atas Perwakilan Sekolah SD dan MI Se- Kabupaten Mempawah dan 14 orang terdiri dari Tim Pembina UKS/M Kecamatan perwakilan Puskesmas se-Kabupaten Mempawah.



Sedangkan hari terakhir, Rabu 11 Oktober 2023, Peserta yang hadir berjumlah 160 orang terdiri atas Perwakilan Sekolah SMP, MTs, SMA, SMK dan MA se-Kabupaten Mempawah dan 9 orang koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kabupaten Mempawah.



Tujuan dilaksanakannya sosialisasi ini yaitu agar informasi tentang kampanye sekolah sehat dapat diterima langsung oleh Tim Pembina UKS/M Kecamatan dan seluruh kepala sekolah baik negeri maupun swasta untuk dapat melaksanakan kampanye sekolah sehat menjadi gerakan yang masif, besar dan berkelanjutan yang berfokus pada satuan pendidikan," ungkap Rohmat. (Rk)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini