KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) -- Evermos sebuah platform connected commerce yang memberdayakan brand lokal dan underserved communities melalui jaringan distribusi dan layanan commerce menjadi salah satu dari 3 organisasi yang
menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) atau
Nota Kesepahaman dengan Smesco di acara Indonesia Digital MeetUp 2023. (5
Oktober 2023 )Evermos, Startup Connected Commerce Bagi UMKM Tanda Tangani MOU Dengan Smesco
Penandatanganan dilakukan oleh Azlan Indra, selaku VP of Business Strategy &
Operations Evermos dan Leonard Theosabrata, selaku Direktur Utama Smesco Indonesia serta
disaksikan oleh Drs. Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan UKM
Republik Indonesia. Dengan menandatangani MOU, Evermos berkomitmen
untuk mendukung rencana pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia khususnya melalui sektor UMKM.
Hal ini dapat dimulai dengan meningkatkan
kesadaran dan juga usaha bersama bahwa persaingan bisnis kini semakin sengit
dan sudah memasuki intervensi global, yang bukan hanya perlu dilakukan oleh
para pelaku swasta tapi juga seluruh lapisan masyarakat.
Sesuai dengan visi
dan misi awal sejak berdiri di tahun 2018, Evermos melalui ekosistemnya telah
berusaha memberdayakan ribuan UMKM dan juga Internet Marketer (Imers) atau Dropshipper.
Ilham Taufiq, selaku Co-founder dan Chief Partnership & Strategy
Officer Evermos menyatakan, "Kami menyadari betapa besar potensi
kolaborasi antara Internet Marketer dengan UMKM dan merasa
beruntung dapat memberikan dukungan layanan melalui Everpro.
Salah satu unit
bisnis Evermos yang berfokus dalam menyediakan solusi lengkap dan terintegrasi
untuk para pebisnis online. Melalui interaksi ini, kami bisa memiliki hubungan
erat dan menjalin kerja sama langsung yang baik dengan para pelaku UMKM atau
Internet Marketer".
Saat ini, Imers
dapat dikatakan sebagai "benteng pertahanan" bagi UMKM Indonesia,
karena secara karakteristiknya Imers lebih siap dalam menghadapi persaingan
bisnis, data-driven, dan juga berani dalam mengambil resiko.
Oleh karena itu di
acara Indonesia Digital MeetUp 2023, Evermos juga merilis hasil risetnya
bersama dengan lembaga riset independen dan juga Centre of SME Movement,
Cosmos dan didukung oleh Smesco Indonesia yang bertajuk "From Zero to
Hero: Imers Berdikari, Mendorong Roda Ekonomi".
"Melalui riset
ini, Evermos ingin bersama-sama membangun kesadaran dengan mengenal Internet
Marketer (Imers) ini baik dari gambaran karakteristik, serta
potensi life-stages Imers agar tercapai tujuan akhir bahwa
para pelaku swasta, pembuat kebijakan dan segala lapisan masyarakat dapat
bersama-sama membangun solusi, berkolaborasi, dan menciptakan sinergi untuk
mendorong roda ekonomi Indonesia yang lebih agresif, cepat dan
bermanfaat.", tutup Ilham.
Riset ini melihat
bahwa ada peluang yang begitu besar bagi Imers untuk mencapai
keberhasilan bagi siapa saja yang mampu menguasai strateginya. Tidak sampai di
situ, Imers mampu mengembangkan bisnisnya dalam kurun waktu
yang lebih cepat dibandingkan dengan model bisnis konvensional. Kelihaian Imers terletak
pada mindset scale up bisnis yang mengakselerasi kesuksesan
pencapaian omzet miliaran dalam kurun waktu relatif singkat, yaitu 1-3 tahun.
Walau begitu, tidak
semua Imers yang memulai dari nol dapat mencapai kesuksesan tersebut. Banyak
diantara mereka yang tetap terjebak di penghasilan yang tidak seberapa dan
omzet per bulan yang tidak kunjung tumbuh, sehingga berbagai pertanyaan yang
timbul dari fenomena ini lah yang coba dijabarkan melalui hasil riset bagaimana
Imers dapat tumbuh dari Zero to Hero.
Untuk mendapat
jawabannya, tim periset melakukan wawancara langsung dengan berbagai pelaku
Imers dan menemukan bahwa ternyata betul ada pola nyata yang jamak dilewati
Imers untuk dapat "naik kelas" dari satu tahapan Imers ke tahapan
berikutnya, dimana setiap tahapan menunjukkan kenaikan dalam omzet per bulan
Imers. Tahapan - tahapan tersebut diantaranya adalah; The Hit-and-Runner (si
tabrak lari), The Survivor (sang
penyintas), The Pioneer (sang
perintis), The Rising (penantang baru), dan The
Challenger (penantang usaha mainstream).
Dari sisi layanan,
Everpro selalu berusaha menciptakan solusi yang dapat mempermudah dan
menyelesaikan masalah para pelaku UMKM, Imers, atau Dropshipper untuk
mengembangkan bisnisnya melalui inovasi teknologi yang dihadirkan melalui
pengembangan produknya.
Saat ini Everpro
telah menyediakan beberapa layanan mulai dari, Everpro Sourcing yaitu
layanan penyedia produk bermargin tebal dan terkurasi, cocok untuk dijual
secara online oleh para Dropshipper, Everpro Ads yaitu layanan
penyedia akses akun iklan Facebook dan Google
whitelisted untuk mengurangi resiko akun terkena restrict atau scale
up iklan lebih cepat dan tanpa terkendala batasan budget harian.
Kemudian ada Everpro Shipping, layanan pengiriman paket COD maupun
non-COD yang bekerja sama dengan lebih dari 20 pilihan partner logistik,
serta Everpro MPEnabler layanan optimasi toko Marketplace di
Shopee, Tokopedia, dan Lazada yang dihandle langsung oleh tim Everpro yang
profesional.
Melalui acara Indonesia Digital MeetUp 2023 pula,
Everpro merilis 2 produk berbasis fitur terbarunya yaitu Everpro Funnel dan
Everpro CRM.
Everpro Funnel merupakan salah satu solusi untuk dapat meningkatkan
konversi dari kampanye iklan melalui landing page dan fitur
yang saling terintegrasi untuk optimasi closing di WhatsApp (LPWA).
Azlan Indra, selaku VP of Business Strategy & Operations
Everpro menjelaskan pada presentasinya, "LPWA saat ini masih
menjadi metode yang paling populer (total sebanyak 72% penggunaan[2])
dan efektif untuk para pebisnis online karena selain ramah pemula, LPWA
menghasilkan CPR (Cost per Result) yang lebih murah dibandingkan dengan
metode lain, serta dapat membantu optimasi performa iklan yang dijalankan.
Melalui Everpro
Funnel & CRM, kami menciptakan fitur-fitur yang dapat menjadi jawaban atas
tantangan-tantangan mendasar para UMKM & pelaku Internet Marketing untuk
menggunakan LPWA sebagai metode pengembangan bisnis mereka."
Layanan Everpro
Funnel ini sudah teruji dapat menurunkan angka CPR (Cost per Result)
iklan lebih murah hingga 60%[3]. Melalui layanan ini, Imers atau
pelaku bisnis online dapat menggunakan fitur LP Builder untuk
membuat landing page dari nol tanpa perlu coding, WA
Rotator untuk mengatur dan membagi chat masuk dari landing
page ke platform pesan WhatsApp sesuai kapasitas
tim Customer Service, analisa hasil iklan di Facebook dan Google
lebih akurat dengan Real Chat WA Tracking, hingga fitur Custom
Keyboard yang membantu mempermudah Imers dalam melayani pelanggan
lebih cepat tanpa harus berpindah aplikasi.
Layanan terbaru
lainnya, Everpro CRM merupakan solusi yang terbukti untuk
mengoptimalkan penjualan dengan menurunkan resiko RTS hingga 50%[4] melalui
fitur Update Status Paket otomatis untuk setiap pengiriman yang dilakukan,
hingga meningkatkan potensi repeat order dari pelanggan
loyal hingga 30%[5] dengan fitur Everpro CRM lainnya yaitu,
mengatur dan menyimpan data pelanggan dari berbagai platform penjualan dalam 1
database, memberi label dan segmentasi kepada pelanggan, hingga mengirim
pesan broadcast WhatsApp ke beberapa pelanggan sesuai dengan
alur kerja yang dapat dibuat sendiri atau mengikuti template yang
sudah disediakan.
Evermos adalah platform connected commerce yang memberdayakan brand lokal dan underserved communities dengan menyediakan jaringan distribusi dan layanan commerce yang berfokus pada produk-produk terkurasi sesuai prinsip syariah. Evermos adalah one-stop platform yang menyediakan brand lokal dengan layanan yang mendukung perniagaan secara komprehensif dan jaringan reseller. Dilengkapi dengan berbagai pelatihan untuk mendukung kesuksesan semua reseller terlepas dari gender, latar belakang pendidikan, lokasi geografis, atau tingkat pendapatan mereka.
Didirikan di bulan November 2018, Evermos telah membangun jaringan connected commerce berbasis reseller terbesar di Indonesia dengan lebih dari 165,000 penjual aktif di seluruh Indonesia dan 1,600 mitra UMKM.
Hingga saat
ini Evermos telah mendapatkan berbagai penghargaan industri seperti penghargaan
Forbes Asia 100 to Watch di kawasan Asia Pasifik, penghargaan UN Women 2022
Indonesian Women Empowerment Principles (WEPs) dan menjadi anggota jaringan
global Endeavor Entrepreneur. Evermos juga merupakan anggota World Economic
Forum's Global Innovators Community, sebuah grup khusus undangan dari
perusahaan start-up dan peningkatan skala paling menjanjikan di dunia yang
berada di garis depan inovasi teknologi dan model bisnis etis.
Everpro
adalah platform penyedia layanan yang menjadi bagian dari
Evermos. Everpro berkomitmen untuk menjadi solusi bagi permasalahan yang
dialami pelaku UMKM. Berdiri pada Februari 2022, saat ini Everpro menghadirkan
berbagai layanan seperti Pengiriman (Shipping) yang bekerja sama dengan
lebih dari 15 layanan ekspedisi ke seluruh Indonesia, bantuan iklan
melalui Facebook & Google Ads Account Support, jasa optimasi
toko Marketplace, dan layanan penyedia produk-produk terkurasi yang
sudah teruji untuk penjualan melalui kanal online.
Everpro telah
membantu lebih dari 5.000 reseller profesional dan pelaku UMKM di
seluruh Indonesia yang semuanya tergabung dalam Komunitas Belajar
Everpro, sebuah komunitas untuk belajar dan menambah relasi. (Tim liputan)
Editor : Aan