GUKMI 2023: Meningkatkan Kompetitivitas UKM Lewat Kolaborasi Dan Inovasi Yang Strategis

Editor: Redaksi author photo

Kompetitivitas UKM Lewat Kolaborasi dan Inovasi yang Strategis
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - GUKMI merupakan platform kolaborasi yang erat antara pemerintah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sektor swasta, dan perguruan tinggi yang bertujuan untuk meningkatkan kompetitivitas Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia. (26 September 2023)

 

Inisiatif ini telah berhasil digelar secara berkesinambungan selama delapan tahun sejak tahun 2016 oleh MarkPlus Institute, dan saat ini melibatkan juga Asia Council for Small Business (ACSB) sebagai mitra penyelenggaraannya.

 

Pagelaran GUKMI 2023 yang diadakan pada Selasa, 26 September 2023 di Jakarta International Expo memfokuskan pada 3 jurus transformasi pasca-pandemi yang dianggap penting bagi kesuksesan UKM, yaitu Menangkan Pelanggan Gen Z, Optimalkan Promosi melalui Teknologi Baru, dan Bangun Merek Berkarakter dan Berdampak Positif.

 

Berbagai narasumber hadir untuk memberikan wawasan yang berharga kepada semua peserta, antara lain Ardhi Ridwansyah (COO of MarkPlus Institute), Iko Sukma Handriadianto (Founder of UKM Mendunia), Giovanni Alexander (Senior Manager of MarkPlus Institute), Setyo Riyanto (Exclusive Facilitator MarkPlus, Inc.), Diah Yusuf (Executive Secretary ACSB (Asia Committee for Small Business)), dan Ryan Manafe (CEO and Co-Founder of Dagangan).

 

Mufid Wahyudi, President and CEO of ACSB Indonesia, membuka GUKMI 2023 dengan antusias tinggi, GUKMI adalah inisiatif berharga dalam mendukung Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia, dan kehadiran ACSB Indonesia ini berperan penting dalam memberikan dukungan GUKMI. Peran strategis UKM dalam perekonomian Indonesia melalui GUKMI.

 

“Kami upayakan dengan memfasilitasi kolaborasi antara pemangku kepentingan yang beragam untuk menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan UKM pasca-pandemi. Tema 'Be The Game Changer' menggambarkan potensi UKM sebagai pionir perubahan dalam bisnis. Kami berharap GUKMI 2023 akan memberikan wawasan berharga dan solusi praktis bagi seluruh peserta, membantu UKM menghadapi tantangan dan membangun masa depan yang lebih cerah.”ungkapnya

 

Dalam memaparkan topik Product Management, Diah Yusuf, Executive Secretary Asia Committee for Small Business, membahas pentingnya Product Management dalam mengoptimalkan promosi melalui teknologi baru.

 

"Product Management memegang peranan sentral dalam era promosi melalui teknologi baru. Pemahaman yang mendalam tentang pasar adalah fondasi yang tak tergantikan untuk membimbing desain produk yang relevan dan efektif, sehingga meningkatkan efisiensi pemasaran.,”jelasnya

 

Fokus kami adalah pada strategi yang mengoptimalkan distribusi dan penjualan produk sambil menciptakan diferensiasi yang kuat untuk membedakan produk dari merek dagang. (Tim liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini