KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Perusahaan ritel global asal Jepang,
UNIQLO, kembali menunjukan komitmen untuk mendukung ekonomi Indonesia melalui partisipasinya
pada acara Indonesia Retail Summit (IRS) 2023 pada 14-15 Agustus 2023 di
Sarinah Building, Jakarta. (15 Agustus
2023)UNIQLO Kembali Ikut Serta di Indonesia Retail Summit
Tahun ini merupakan tahun
kedua UNIQLO di Indonesia ikut serta dalam acara yang mempertemukan para pelaku
bisnis ritel domestik maupun global ini.
Hal ini turut menjadi bagian
dari upaya untuk mendorong perputaran roda ekonomi di Indonesia serta dukungan terhadap
Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) salah satunya dengan dengan meningkatkan kerja
sama dengan mitra dalam negeri dalam memproduksi sebagian produknya.
Irma Yunita, Corporate Affairs Director PT
Fast Retailing Indonesia (UNIQLO di Indonesia) pada acara yang digagas oleh
Hippindo tersebut menyampaikan bahwa tahun 2023 ini UNIQLO telah menargetkan
80% dari keseluruhan produknya untuk bisa diproduksi di Indonesia melalui mitra
domestik.
Hingga saat ini, terdapat 14 pabrik
tekstil yang sudah menjadi mitra pemasok yang tersebar di Jawa Barat, Jawa tengah
dan Jawa Timur yang memproduksi sebagian produk tidak hanya untuk UNIQLO di
Indonesia, namun juga untuk afiliasi UNIQLO di Indonesia yang berada di bawah
naungan Fast Retailing Co., Ltd selaku induk perusahaan UNIQLO di Indonesia,
baik untuk konsumsi konsumen di dalam negeri maupun untuk keperluan ekspor ke
luar negeri yang diperuntukkan untuk konsumsi pelanggan global.
Induk perusahaan Fast
Retailing Indonesia ini juga melakukan investasi dan transfer teknologi untuk
industri tekstil dalam negeri Indonesia serta memasok produk pakaian Original
Equipment Manufacturing (OEM) untuk UNIQLO.
Sebagai perusahaan yang
memegang prinsip keberlanjutan, hal ini selaras dengan wujud nyata salah satu
dari 3 pilar utama sustainability yang diusung oleh UNIQLO yaitu, People,
Planet dan Society.
UNIQLO melalui LifeWear,
terus berupaya untuk berperan aktif dan secara nyata berkontribusi terhadap
kesejahteraan masyarakat di Indonesia sebagai perwujudan pilar Society.
UNIQLO dalam penerapan aktivitas
bisnisnya di Indonesia juga menjalankan berbagai inisiatif tentang bagaimana
memperkaya kualitas hidup, diantaranya dengan merangkul kearifan lokal, membangkitkan
perekonomian retail di Indonesia dan mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah
sekitar lokasi usaha melalui program Kolaborasi UNIQLO Neighborhood.
Program Kolaborasi UNIQLO
Neighborhood yang diluncurkan pada tahun 2019 ini diwujudkan dalam bentuk
instalasi yang dibangun secara khusus dan berada di dalam area toko-toko UNIQLO
Indonesia yang menampilkan beberapa produk dan informasi dari UKM lokal yang
telah terpilih melalui proses kurasi di berbagai daerah yang bekerjasama dengan
Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan setempat serta Dewan Kerajinan
Nasional Daerah yang berada di lokasi usaha UNIQLO, produk UKM mana menjadi
ciri khas di daerah masing-masing.
Inisiatif ini mendapat
apresiasi dan dukungan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah
(Kemenkop-UKM) yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding
(MoU) pada bulan September 2021 lalu bertempat di UNIQLO Solo Paragon sebagai
simbol dukungan perusahaan global terhadap
UMKM di Indonesia. Hal ini
menjadi sinergitas dan wujud kolaborasi serta komitmen yang diharapkan mampu
membuka peluang kerja sama antara UKM lokal dan bisnis skala besar agar dapat
bersaing di pasar domestik hingga globa, serta membawa dampak positif bagi
perekonomian Indonesia.
Hingga kini, program UNIQLO
Neighborhood telah hadir di 42 dari 64 toko UNIQLO di Indonesia dengan total
lebih dari 350 UKM yang telah turut berpartisipasi. Program ini dikaji setiap 1
tahun sekali untuk memberikan kesempatan kepada lebih banyak kepada pelaku UKM
lokal agar dapat menjadi bagian dari program Kolaborasi UNIQLO Neighborhood.
(Tim Liputan)
Editor : Aan