KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Industri fesyen
lokal, khususnya fesyen muslim atau kerap disebut modest, kian berkembang pesat
di Indonesia. Bahkan, menurut Kemenperin RI, Indonesia mempunyai peluang besar untuk
menjadi produsen fesyen muslim berdaya saing global karena memiliki beragam
UMKM lokal yang berkualitas.Tokopedia Dukung UMKM Lokal Majukan Industri Fesyen Muslim Indonesia
Peluang ini lahir dari potensi belanja umat muslim dunia yang mencapai 295 miliar dolar AS, juga diperkuat dengan kinerja industri tekstil dan produk tekstil (TPT) nasional yang tumbuh 13,44% pada triwulanII 2022*. (28 Agustus 2023).
Data internal Tokopedia mencatat beberapa
kategori produk seperti Dress Muslim Wanita, Perlengkapan Ibadah, Pakaian
Muslim Anak, dan Pakaian Muslim Pria menjadi produk terpopuler dengan rata-rata
kenaikan transaksi hampir 1,5 kali lipat di semester 1 2023 dibandingkan
semester 2 2022.
Tokopedia melalui Aldhy Darmayo, selaku Head of
Category Development Tokopedia, mengatakan bahwa “Tokopedia berkolaborasi
dengan sederet pelaku usaha fashion muslim menggelar kampanye Muslim Fash
Forward pada 21 Agustus-10 September 2023 menjadi upaya Tokopedia untuk menjadi
platform yang inklusif, serta mengakomodasi seluruh kebutuhan masyarakat termasuk
mempermudah masyarakat mengakses produk fashion muslim.
Kampanye ini berisi sederet produk fashion muslim untuk wanita, pria, dan anak dengan berbagai promo menarik, seperti flash sale mulai dari Rp1.000 dan clearance sale hingga 99%, serta berbagai promo eksklusif dari brand fashion terkurasi.
”Label fesyen DS Modest asal
Kab.Bantul (D.I.Yogyakarta) dan Jenna; Kaia asal Kota Bandung (Jawa Barat) adalah
contoh pegiat usaha lokal yang memanfaatkan platform digital Tokopedia untuk mengembangkan
bisnisnya, salah satunya dengan berpartisipasi dalam kampanye Tokopedia Muslim
Fash Forward.
DS Modest, Manfaatkan Tokopedia untuk Jangkau
Pasar Lebih Luas Pemilik usaha DS Modest, Annisa Herdyana, mengatakan, “Sejak
bergabung di Tokopedia, DS Modest aktif mengikuti berbagai kampanye dan
memanfaatkan beragam fitur yang dihadirkan Tokopedia seperti Cantik Fest,
Muslim Fash Forward, TopAds, Bundling dan berbagai kampanye serta fitur
lainnya.”
Annisa menambahkan, “Berkat memanfaatkan
berbagai kampanye dan fitur Tokopedia, DS Modest dapat mencapai omzet hingga
Rp150 juta per bulannya. Bahkan omzet kami bisa naik hingga 50% jika mengikuti kampanye
khusus fesyen muslim dan tematik.”
Perjalanan bisnis DS Modest dari tahun 2016
hingga saat ini tentu saja melalui berbagai tantangan dari pegiat usaha sejenis
lainnya. Karena itu, DS Modest terus berinovasi menghadirkan produk yang
relevan dengan kebutuhan masyarakat seperti mukena dan sajadah travel berukuran
mikro yang bahkan sukses mendapatkan sertifikat MURI sebagai peralatan ibadah
terkecil.
Dalam proses produksi berbagai produk fesyen
dan hijab serta perlengkapan ibadah, DS Modest selalu menggunakan bahan
berkualitas hasil kerja sama dengan maklon di Jawa Tengah hingga Jawa Barat.
“Kami juga turut memberdayakan UMKM di sekitar
Yogyakarta untuk menghasilkan bahan-bahan berkualitas yang akan diolah menjadi
berbagai produk fesyen hingga perlengkapan ibadah di DS Modest,” tambahnya.
Tokopedia pun mencatat sepanjang semester 1
2023, DS Modest melakukan pengiriman produk terjauh dari Kab. Bantul menuju
Kota Banda Aceh. Produk Mukena Travelling Mini Terkecil - Petunia jadiproduk DS
Modest yang paling diminati sepanjang semester 1 2023 dibandingkan semester 2
2022.
Jenna & Kaia Tumbuh Bersama Tokopedia lewat
Berbagai Kampanye dan Fitur Tokopedia Founder dan CCO Jenna & Kaia, Lira
Krisnalisa, pun turut membagikan perjalanan bisnis Jenna & Kaia yang aktif
memanfaatkan berbagai kampanye dan fitur Tokopedia untuk mengembangkan berbagai
produk fesyen yang memiliki keunikan potongan asimetris dan layout yang
menggunakan beading.
“Dalam menjalankan
bisnis fesyen, kami juga bertekad untuk dapat bermanfaat bagi masyarakat
sekitar. Salah satu langkahnya adalah dengan memberdayakan puluhan ibu di
lingkungan sekitar Bandung untuk membantu proses produksi Jenna &Kaia serta
menggunakan bahan dari beberapa pabrik di Bandung untuk bahan baku pembuatan
produk Jenna & Kaia,” ujar Lira.
Berkat mengikuti berbagai
kampanye dan fitur di Tokopedia seperti Muslim Fash Forward, Modest on Tren, Tokopedia
Fashion Week dan juga Flash Sale, Jenna & Kaia dapat menjangkau ke
berbagai wilayah di Indonesia dan menerima ratusan pesanan setiap bulannya.
Bahkan, terjadi peningkatan transaksi sebesar 30% selama mengikuti kampanye di
Tokopedia.
Data internal Tokopedia
mencatat pengiriman terjauh Jenna & Kaia terjadi dari Kota Bandung
menuju Kota Banda Aceh sepanjang semester 1 2023.
Kampanye Muslim Fash Forward
Dorong Pertumbuhan Transaksi Minat masyarakat terhadap berbagai produk
perlengkapan ibadah turut meningkat. Pada semester 1 2023 dibandingkan semester
2 2023, tercatat adanya peningkatan transaksi di Tokopedia untuk beberapa
produk, seperti Mukena, Peci dan Kopiah, Mukena Anak, serta Sarung dengan rata-rata
kenaikan hampir 1,5 kali lipat.
Sedangkan, wilayah seperti
Kab. Natuna (Kepulauan Riau), Kab. Mimika (Papua), Kab. Barito Selatan (Kalimantan
Tengah), Kota Gunungsitoli (Sumatra Utara), dan Kab. Soppeng (Sulawesi Selatan)
menjadi beberapa wilayah dengan kenaikan rata-rata transaksi tertinggi hingga
lebih dari 1,5 kali lipat sepanjang semester 1 2023 dibandingkan semester 2
2022.
“Tokopedia akan selalu
berupaya untuk mendukung pelaku usaha fesyen muslim lokal agar semakin meraja di
negeri sendiri, salah satunya melalui pemanfaatan berbagai promo dari kampanye
Tokopedia Muslim Fash Forward,” tutup Aldhy.(Tim Liputan)
Editor : Aan