Cegah Radikalisme dan Terorisme, FKPT Kalimantan Barat Giat Kenduri Desa Damai

Editor: Redaksi author photo

FKPT Kalimantan Barat Giat Kenduri Desa Dama
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Kalimantan Barat akan melaksanakan giat Kenali dan Peduli Lingkungan Sendiri (Kenduri) Desa Damai dalam Pencegahan Radikalisme dan Terorisme. Minggu (20 Agustus 20234)

Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Serbaguna Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya. Kepanitiaan ini dibawah koordinasi Bidang Media, Hukum, dan Humas di wilayah Provinsi Kalimantan Barat yang di laksanankan beberapa waktu yang lalu.


Prof. Dr. KH. Wajidi Sayadi, M.Ag selaku Ketua FKPT Kalbar menuturkan bahwa kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya pelibatan masyarakat dalam pencegahan radikalisme dan terorisme. Kami melibatkan dari unsur pemerintah, masyarakat lintas agama, organisasi masyarakat, dan perangkat desa. 


“Kegiatan Kenduri Desa Damai ini sebagai upaya kami dalam pencegahan radikalisme dan terorisme dibumi khatulistiwa yang damai ini. Kami melibatkan unsur pemerintah, masyarakat lintas agama, organisasi masyarakat. Perangkat Desa juga kami libatkan seperti Kepala Desa, Lurah, Karang Taruna, PKK, RT dan RW. Diharapkan dengan giat ini akan terbangun early warning system dimasyarakat terhadap gejala, paham dan mungkin juga perbuatan yang mengarah pada radikalisme dan terorisme,” jelas mantan Ketua FKUB Kalbar ini. 


Wajidi Sayadi juga menyampaikan pentingnya setiap elemen masyarakat di Kalimantan Barat turut serta melakukan pencegahan radikalisme dan terorisme, agar masyarakat Kalbar selalu aman, damai dan harmonis.


“Melalui kegiatan Kenduri Desa Damai ini, perlu kami ingatkan agar semua elemen masyarakat selalu mengenali dan peduli terhadap lingkungan sendiri, lingkungan sosial, dengan nilai-nilai kearifan lokal. Jadi dengan demikian kita dapat menjadi teladan bagi daerah-daerah lainnya dalam menjaga harmoni dan kedamaian berbasis kearifan budaya,” jelas Profesor ilmu hadis dan tafsir IAIN Pontianak, yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum MUI Kalbar yang sangat aktif berdakwah dan menulis.(Tim Liputan)

Editor : Aan




Share:
Komentar

Berita Terkini