Tim SAR Gabungan Dan TNI AL Respon Cepat Selamatkan Dan Evakuasi ABK KLM Sabar Indah Yang Alami Kecelakaan Di Perairan Ketapang

Editor: Redaksi author photo
Tim Sar Gabungan Evakuasi ABK KLM Sabar Indah Yang Alami Kecelakaan Laut

KALBARNEWS.CO.ID (KETAPANG) - Tim SAR Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ketapang melalui Posal Delta Pawan berhasil menyelamatkan 7 AnakBuah Kapal (ABK) KLM. Sabar Indah yang kandas setelah mengalami kecelakaan laut di Perairan Ketapang pada hari Rabu (31 Mei 2023).

Dalam keterangan Kapten Kapal KLM Sabar Indah, Herman Suhadi (49) Kapal dengan 7 Anak Buah Kapal (ABK) yang bermuatan Sembako itu berlayar dari Pontianak menuju ke Ketapang dihantam gelombang tinggi sehingga air laut masuk ke pdalam kapal tersebut membuat kapal tidak stabil. 

"Pada sekitar pukul 16.00 WIB saat ombak menghantam lambung kapal kemudian saya memerintahkan ABK untuk mengecek Deck bagian bawah dan ternyata setelah dicek air laut sudah masuk kedalam kapal," ucap kapten kapal.

Mendengar informasi dari ABK bahwa air laut sudah masuk kedalam kapal kemudian Kapten KLM. Sabar Indah memutar haluan menuju daratan terdekat dan kapal tersebut dikandaskan pada Koordinat 1°35.614'S - 109°59.602'E (+- 11 Mil laut dari Muara Sungai Pawan) selanjutnya melaporkan kejadian ke Kantor SAR Ketapang.

baca juga  https://www.kalbarnews.co.id/2023/06/wabup-ketapang-pimpin-upacara.html

Setelah mendapatkan informasi dari awak kapal KLM. Sabar Indah, Kepala Kantor SAR Ketapang berkoordinasi dengan Pjs. Danposal Delta Pawan Letda Laut (P) M. Ridwan untuk melaksanakan SAR Gabungan yang terdiri dari Basarnas, Posal Delta Pawan dan Polairud Polres Ketapang dan pada pukul 17.00 WIB Tim SAR Gabungan bergerak menggunakan RHIB Basarnas ke Lokasi tempat kapal kandas 

Sesampainya di lokasi Tim SAR Gabungan segera evakuasi 7 (tujuh) ABK KLM. Sabar Indah dan kemudian dibawa ke Kantor SAR Ketapang untuk mendapatkan perawatan medis dari Tim Kesehatan TNI AL Ketapang. 

Setelah mendapatkan perawatan medis dan dinyatakan sehat oleh Tim Kesehatan TNI AL Ketapang 7 (tujuh) orang ABK diserahkan kepada pihak keagenan kapal dalam keadaan sehat dan aman. 

Disela-sela proses penyerahan ABK Kapal dari Basarnas kepada Keagenan kapal dan perwakilan pengurus kapal bernama Adi menyampaikan terimkasihnya atas yang dilakukan Tim Gabungan dan TNI AL yang telah mengevakuasi dan menyelamatkan ABK KLM Sabar Indah.

“Saya mewakili pihak keagenan kapal dan ABK KLM. Sabar Indah mengucapkan terima kasih banyak kepada Basarnas, Angkatan Laut Ketapang dan Polairud karena telah membantu menyelamatkan ABK KLM. Sabar Indah yang mengalami kecelakaan laut," ujar Adi. (Fendi's/Penlanalktp)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini