KALBARNEWS.CO.ID
(JAKARTA) -- Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun
2022, proporsi perempuan yang menduduki posisi manajerial di Indonesia telah
mencapai angka 32,26%. Meski terus mengalami tren yang positif, proporsi
perempuan pada posisi manajerial masih tertinggal dari laki-laki (sekitar 66%).
Jumat (16 juni 2023)Konferensi START Women in Tech Kembali Digelar, Tokopedia Berdayakan Perempuan Pegiat Teknologi
Kementerian
Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KPPPA RI) di
sisi lain menyampaikan bahwa peran perempuan di bidang STEM (Science, Technology, Engineering dan Mathematics) masih kurang.
Partisipasinya dalam dunia kerja di bidang teknologi pun masih terbilang
sedikit.**
“Untuk makin memberdayakan dan mendorong partisipasi perempuan di industri teknologi, Tokopedia Academy menggelar START Women in Tech, konferensi teknologi tahunan dari Tokopedia untuk para perempuan pegiat teknologi,” ungkap Tokopedia Academy Lead, Rossy Triana Iskandar.
START Women in Tech
merupakan salah satu dari 16
program Tokopedia Academy, ekosistem yang bisa dimanfaatkan oleh
siapa pun yang memiliki ketertarikan akan teknologi untuk (1) belajar dari
beragam kurikulum, (2) dilatih oleh berbagai pakar, hingga (3) bertukar wawasan
dengan sesama pegiat teknologi lewat sejumlah komunitas yang tersedia.
“Lewat Tokopedia
Academy, Tokopedia berupaya meningkatkan jumlah, kapasitas dan kapabilitas
talenta digital Indonesia, serta mencapai pemerataan pengetahuan lewat
teknologi. Kami ingin menghadirkan kesempatan belajar yang tidak terbatas untuk
talenta digital masa depan agar nantinya dapat berkontribusi pada perekonomian
nasional melalui teknologi,” jelas Rossy.
START Women in Tech 2023 bertema ‘A Way Forward and Beyond for
Women in Technology’. Konferensi ini menghadirkan sejumlah
pembicara perempuan ahli teknologi yang akan membahas tentang peran perempuan
di industri teknologi.
START Women in Tech 2023 diselenggarakan secara hybrid; dapat disaksikan secara offline dan virtual melalui kanal streaming video Tokopedia
Play, Official YouTube Tokopedia
atau Inside
Tokopedia, serta website Tokopedia
Academy pada Sabtu, 17 Juni 2023 pukul 09.00-16.30 WIB. Masyarakat yang ingin
mengikuti rangkaian acara START Women in Tech 2023 dapat mendaftarkan diri secara gratis melalui website Tokopedia Academy.
Peserta START Women in Tech 2023 akan mendapatkan sederet
manfaat, seperti (1) Keynote Sessions dimana para pemimpin perempuan di bidang teknologi akan membagikan
pengalaman mereka dalam mendorong inovasi di bidang masing-masing, (2) Inspiring
Talk Show untuk berbincang
dengan pemimpin perempuan dan membahas pemberdayaan perempuan di industri
teknologi, dan (3) Breakout Rooms untuk mendapatkan wawasan langsung dari para
pemimpin perempuan tentang teknologi, data dan product management.
Founder & CEO Generation Educators (GenEd),
Anggaris Anggia Cininta, merupakan salah satu pembicara di START Women in
Tech 2023. Ia akan membagikan
pengalaman sebagai pegiat industri teknologi
yang memulai dan mengembangkan perusahaan edtech
guna memberdayakan dan meningkatkan peran guru dalam melahirkan generasi murid
yang kritis, kreatif dan inovatif.
Anggaris menyatakan
dukungan terhadap START Women in Tech, “Tidak bisa dipungkiri zaman akan terus berkembang dan
peran teknologi sangat krusial di berbagai perubahan, termasuk di pendidikan.
Karenanya, lewat program seperti START Women in Tech, para pegiat teknologi
terutama perempuan bisa saling menginspirasi dan berdiskusi langsung untuk
berbagi pengalaman di industri ini.”
Berbagai Inovasi Dorong
Berbagai Wilayah Alami Peningkatan Transaksi 10 Kali Lipat
Sebagai perusahaan teknologi Indonesia
yang inklusif, Tokopedia telah menjadi rumah bagi ribuan Nakama (sebutan karyawan Tokopedia), di mana jumlah perempuan dan laki-laki
berimbang. Berbagai inovasi
teknologi dari Tokopedia–yang merupakan hasil kolaborasi bersama para mitra
strategis termasuk Nakama–telah membantu masyarakat mengakselerasi adopsi platform digital.
“Saat ini, Tokopedia terdiri dari lebih
dari 14 juta penjual, dimana hampir 100%nya UMKM lokal. Jutaan penjual ini
telah memasarkan lebih dari 1,8 miliar produk ke masyarakat di 99% kecamatan di
Indonesia,” ungkap Rossy.
“Berkat berbagai inovasi serta
kolaborasi, Tokopedia mencatat berbagai tren
menarik selama kuartal II 2023 dibandingkan kuartal I 2023. Kecantikan,
Fesyen, Handphone dan Gadget menjadi beberapa kategori produk yang paling
diburu oleh masyarakat melalui Tokopedia,” kata Rossy.
Pada kategori Kecantikan di Tokopedia, lip palette, setting spray dan face mist
tercatat sebagai sejumlah produk yang paling banyak dibeli oleh masyarakat.
Selain itu, pada kategori produk Fesyen di Tokopedia, dress, kaftan dan manset anak menjadi beberapa produk yang paling
laris, dengan rata-rata peningkatan transaksi hampir 1,5 kali lipat.
Di sisi lain, smartphone, smartband dan
baterai tablet tercatat sebagai sejumlah produk yang paling banyak dibeli pada
kategori Handphone dan Gadget di Tokopedia, dengan rata-rata peningkatan
transaksi hampir 2 kali lipat.
“Data
internal Tokopedia juga mencatat Pelalawan
(Riau), Kerinci (Jambi) dan Bangka Barat (Bangka Belitung) menjadi beberapa
wilayah dengan peningkatan tertinggi jumlah transaksi melalui Tokopedia, dengan
rata-rata peningkatan transaksi hampir
10 kali lipat,” tutup Rossy. (Tim Liputan).
Editor : Aan