Rektor IAIN Pontianak, Kembali Kukuhkan 208 Guru Profesional

Editor: Redaksi author photo

Rektor IAIN Pontianak, Kembali Kukuhkan 208 Guru Profesional 
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Sebagai salah satu LPTK penyelenggara Pendidikan Profesi Guru (PPG), IAIN Pontianak  melaksanakan pengukuhan Guru Profesional lulusan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Tahap 3 di Hotel Orchadz Gajah Mada Pontianak Lantai 9. Hadir dalam kesempatan tersebut rektor, para pejabat di lingkungan FTIK IAIN Pontianak, dosen dan  guru pamong serta perwakilan dari Kantor Kementerian Agama dari beberapa wilayah di Indonesia. Rabu (17 Mei 2023).

Rektor IAIN Pontianak Dr. H. Syarif, MA dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada semua guru yang telah dinyatakan lulus Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Guru (UKMPPG)

“Selamat dan selamat kepada semua guru-guru yang telah dinyatakan lulus dan berhak menadi guru profesional. Jangan lupa! bahwa guru profesional tidak hanya berhenti sampai telah dinyatakan lulus dan memperoleh sertifikat, tapi harus menjadi inspirasi bagi peserta didik dan memberikan pelayanan pendidikan terbaik serta memastikan para peserta didik ber-akhlakul karimah. Menjadi guru profesional tidak boleh hanya menggugurkan kewajiban dan menghalalka tanggal 1, pahamkan!” Ungkapnya dengan serius.


"Saya berpesan agar para guru senantiasa mengajarkan nilai-nilai moderasi beragam kepada siswa sejak dini,  Kompetensi yang baik secara intelektual merupakan harapan bersama, tetapi memastikan bahwa anak-anak Indonesia dapat hidup berdampingan dengan orang lain yang berbeda adalah sebuah keharusan yang harus tanamkan dalam diri mereka," ucap  Rektor.


Dekan FTIK IAIN Pontianak Dr. H. Hermansayah, M.Ag selaku ketua LPTK, mengapresiasi kinerja pengelola PPG dalam jabatan di IAIN Pontianak, “Selamat kepada semua peserta PPG Tahap 3 yang telah dinyatakan lulus UKMPPG dan hari ini dikukuhkan. Tidak lupa, saya ucapan terima kasih atas kerja keras pengelola; kaprodi, sekprodi, para admin dan seluruh pihak yang terlibat dalam pengelolaan PPG Tahun 2022-2-23 ini mulai dari tahap 1, 2 dan tahap 3, hal ini tak lepas dari komitmen semua pihak sehingga dapat terlaksana dengan baik” ungkapnya penuh semangat.


Sekretaris program studi Pendidikan Profesi Guru (PPG), Syamhadi M.Pd menyampaikan secara rinci jumlah peserta PPG yang mengikuti pengukuhan.


“Alhamdulillah, Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang dilaksanakan oleh LPTK IAIN Pontianak pada tahap 3 ini telah meluluskan dan turut serta menjadikan Guru Profesional sebanyak 208 orang dari 248 orang, Yakni 126 Dalam Jabatan Pai Dan 73 Dalam Jabatan Madrasah. Maka hari ini, pengukuhan Guru Profesional diikuti sebanyak 117 orang secara tatap muka dan 91 diikuti secara daring. Ini membuktikan bahwa LPTK IAIN Pontianak serius dalam mengelola dan memberikan pembelajaran yang efektif dan efesien.” jelas Syamhadi.

Sekretaris program studi Pendidikan Profesi Guru (PPG), Syamhadi M.Pd mengucapkan terima kasih  kepada Rektor IAIN Pontianak yang selalu mengarahkan dan memberikan masukan terkait pengelolaan PPG IAIN Pontianak, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan yang selalu berkoordinasi dan memberikan semangat, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Barat yang selalu memberikan pelayanan informasi yang baik, serta Lembaga/Kementerian di tingkat Kabupaten/Kota yang berkolaborasi dalam memberikan beasiswa APBD kepada mahasiswa PPG di LPTK IAIN Pontianak.

"Semoga kerjasama ini tetap terjaga sebagai upaya dalam membentuk Guru Profesional di masing-masing Daerah khususnya, dan untuk Indonesia pada umumnya," ucapnya.


Peserta pengukuhan  Abdul Aziz asal Kayong Utara  mengucapkan, terima kasih dan apresiasi kepada LPTK IAIN Pontianak, para dosen dan pengelola PPG atas kesempatan yang sangat berharga untuk menimba ilmu kependidikan melalui program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan. 


"Hari ini, semua lelah yang kami rasakan selama ini, sirna berganti kebahagiaan dan haru setelah menerima Sertifikat dan Transkip Nilai.”  ungkap Abdul Aziz  penuh haru. 


Acara Pnegukuhan dan Sumpah Profesi ditutup dengan pembacaan do’a yang dipimpin oleh KH. Dulhadi, M.Pd sebagai salah seorang dosen IAIN Pontianak diikuti oleh semua peserta pengukuhan dengan penuh khidmat. (AH)

Editor : Aan

 

 

 

Share:
Komentar

Berita Terkini