Puncak HUT Kota Sintang Ke 661 Tahun 2023, Pemkab Sintang Gelar Upacara

Editor: Redaksi author photo

 Puncak HUT Kota Sintang Ke 661 Tahun 2023, Pemkab Sintang Gelar Upacara
KALBARNEWS.CO.ID (SINTANG) - Pemerintah Kabupaten Sintang menggelar upacara untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kota Sintang yang ke 661 Tahun 2023 di Halaman Kantor Bupati Sintang pada Rabu, 10 Mei 2023.

Wakil Bupati Sintang Melkianus bertindak sebagai Pembina Upacara. Sementara upacara tersebut dihadiri oleh Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, Ketua DPRD Sintang Florensius Ronny, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Kartiyus, Anggota Forkopimda, 13 raja se Kalimantan Barat, Pejabat Eslon II dan III serta staf di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang, Pelajar, Mahasiswa, 18 Paguyuban Etnis, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh wanita dan tokoh pemuda. Uniknya, semua peserta upacara menggunakan pakaian adat nusantara.

Wakil Bupati Sintang Melkianus menyampaikan  peringatan hari jadi Kota Sintang merupakan salah satu agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Sintang sebagai pelaksanaan dari amanah Peraturan Daerah Kabupaten Sintang Nomor 11 Tahun 2015 tentang Hari Jadi Kota Sintang.

“Keberadaan Kota Sintang merupakan suatu proses sejarah yang panjang dari adanya wilayah dan pemerintahan yang memiliki struktur dan sistem pemerintahan sesuai zamannya. Penetapan hari jadi Kota Sintang diambil dari momentum perpindahan pusat pemerintahan kerajaan dari Sepauk ke Kota Sintang pada tanggal 10 Mei 1362,” terang Melkianus Wakil Bupati Sintang 

Wakil Bupati Sintang mengatakan pada hari ini, Rabu 10 Mei tahun 2023, kita memperingati hari jadi ke-661 Kota Sintang, sudah lebih dari enam abad Kota Sintang menjadi pusat pemerintahan dan peradaban kehidupan umat manusia. Telah banyak peristiwa sejarah yang tercatat dan akan terus bergerak maju menjadi rangkaian cerita peradaban dan perkembangan masyarakat di Kota Sintang sesuai perkembangan zaman.

“Tema hari jadi Kota Sintang tahun 2023 adalah Sintang kota sakti.  Kata  sakti bermakna saka tiga, dan memiliki pesan semangat kebersamaan, kerukunan dan toleransi. Tema tersebut diharapkan mampu menterjemahkan slogan Sintang rumah besar bagi kita semua.  Keberagaman suku, agama, budaya, bahasa dan adat istiadat di Kota Sintang harus dapat menjadi modal utama untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan antar masyarakat dengan semangat kebersamaan, kerukunan dan toleransi,” terang Wakil Bupati Sintang.

“Wakil Bupati Sintang mengatakan dengan semangat kebersamaan kita songsong Kota Sintang yang maju, modern dan sejahtera. Dengan semangat kerukunan kita ciptakan kehidupan yang tertib, aman dan kondusif. Dengan semangat  toleransi kita wujudkan kehidupan umat beragama di Kota Sintang yang beriman, bertakwa, bebas dan saling menghormati dalam beribadah serta hidup penuh dengan kedamaian.

Wakil Bupati Sintang mengatakan saya menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam suksesnya kegiatan ini, terima kasih kepada Gubernur Kalimantan Barat, Anggota DPR RI daerah pemilihan Kalimantan Barat 2, seluruh pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Sintang, Forkopimda, Keluarga dan kerabat Kesultanan Sintang, pimpinan OPD, pimpinan instansi vertikal, BUMN/BUMD, Perbankan, para investor, pengusaha, panitia Festival Saka Tiga multi etnis, sekolah-sekolah, pelajar, mahasiswa dan seluruh komponen masyarakat yang telah berpartisipasi secara aktif dalam peringatan hari jadi ke 661 Kota Sintang tahun 2023 ini.

“Partisipasi ini merupakan bentuk nyata kecintaan kita dengan Kota Sintang, kota dimana kita bertempat tinggal, bekerja dan berusaha. Partisipasi kita dalam peringatan hari jadi Kota Sintang ini juga sebagai bentuk kebersamaan dan rasa memiliki dalam menjaga Kota Sintang. Semoga partisipasi semua pihak dalam bentuk apapun secara iklas memperoleh hikmat dan pahala berlimpah dari Tuhan Yang Maha Kuasa,”terang Wakil Bupati Sintang. (Tim Liputan) 

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini