Wagub Ria Norsan Ajak ASN Pemprov Raih Amal Jariyah Di Bulan Ramadhan

Editor: Redaksi author photo

Wagub Ria Norsan Ajak ASN Pemprov Raih Amal Jariyah Di Bulan Ramadhan
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Drs. H. Ria Norsan, M.M, M.H, berkesempatan mengisi Tausiyah singkat kepada Aparatur Sipil Negara Pemerintah Provinsi Kalbar seusai Sholat Dzuhur di Masjid An - Naim Kantor Gubernur Kalimantan Barat. Senin siang (3 April 2023). 

Pada kesempatan tersebut Wagub Ria Norsan mengajak kepada para jamaah untuk bersyukur atas rahmat Allah subhanahu wa ta'ala karena telah diperkenankan untuk kembali bertemu dengan Bulan suci Ramadhan yang selalu dinanti. 

"Kita patut bersyukur, karena Allah subhanahu wa ta'ala mengabulkan doa kita, hingga kita bisa sampai di bulan Ramadhan kali ini. Mari perbanyak amal sholeh, laksanakan puasa dengan baik, qiyamul lail, membaca al quran, dan amalan lainnya sehingga kita mendapatkan predikat "taqwa" sebagaimana yang disebutkan dalam Alquran Surat Al-baqarah ayat 183", ujarnya.

Dirinya menambahkan,  bahwa ada 3 Amalan yang akan terus mengalir walaupun seseorang tersebut sudah wafat (meninggal) yaitu Ilmu yang bermanfaat, shodaqoh jariyah dan ketiga doa anak yang sholeh. 

"Untuk Ilmu yang bermanfaat, saya mengajak setiap orang yang memiliki ilmu hendaknya mengajarkan ilmu tersebut kepada yang belum mengetahui. Jangan kita menjadi orang yang pelit. Saya ambil contoh misalnya seorang pemimpin memberikan ilmu atau berupa arahan kepada bawahannya sehingga ilmu tersebut akan menjadi amal kebaikan yang terus mengalir baginya", terangnya.

"Kemudian yang kedua hendaklah setiap diri mengeluarkan sedekah jariyah dalam hidupnya sebelum datang hari kiamat, dimana tertuang dalam Alquran Surat Al Baqarah Ayat 254, sebagaimana dicontohkan setiap penghasilan kita, ada infaq, sadaqah dan zakatnya", ajaknya.

Kemudian, terkait amalan ketiga,  tidaklah mudah. Ia mengingatkan, bahwasanya mengurus / mendidik anak menjadi sholeh adalah tanggungjawab kedua orangtuanya.

"Sebagai orang tua kita harus mampu mendidik anak-anak kita agar menjadi orang yang sholeh. Dan ingat, jangan hanya amal dunia saja. Dekatkan anak kita dengan agama. Didik anak kita untuk bisa baca quran, didik anak kita untuk dapat beribadah dengan baik, didik akhlak yang baik tata krama yang baik. Kemudian berikan doa yang terbaik untuk anak kita", ujarnya.(Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini