Jaring Kerja Sama Internasional, IAIN Pontianak Gelar Bincang Dua Negara Serumpun dengan Malaysia

Editor: Redaksi author photo

 Jaring Kerja Sama Internasional, IAIN Pontianak Gelar Bincang Dua Negara Serumpun dengan Malaysia
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK)  - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak menggelar kegiatan Bincang Dua Negara Serumpun yaitu Indonesia dengan Malaysia  melalui Zoom Meeting. Kegiatan ini bertujuan untuk merajut kerja sama internasional ditingkat Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTKIN). Senin (17 April 2023).

Dalam kegiatan ini, hadir Ketua Forum Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni PTKIN Prof. Dr. Ulfiah, M.Si, CPCE, Rektor IAIN Pontianak Dr. H. Syarif, MA, Konsulat Malaysia Azizul Zekri Bin Abd Rohim, Rektor UiTM Cabang Serawak Prof. Dr.  Jamil Haji Hamali, serta Wakil Rektor UNIMAS Prof. Dr. Muhammad Kadim Suadi.

Rektor IAIN Pontianak Dr. H.  Syarif, MA menyambut baik rencana seminar internasional Forum Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerja Sama. Ia juga mengungkapkan rasa terima kasih atas kerja sama semua pihak khususnya Konsulat Malaysia di Pontianak dan Forum Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama, dan Alumni.

“Kita berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan hubungan baik dalam memperkuat hubungan bilateral antara negara dan antara lembaga pendidikan tingginya,” ujar Dr. Syarif.

Sementara itu, Ketua Forum Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama PTKIN Prof. Dr. Ulfiah, M.Si, CPCE memberikan apresiasi terhadap IAIN Pontianak yang sangat responsif dalam menyiapkan rencana seminar dan kerjasama internasional. Ia juga menyatakan bahwa Forum Wakil Rektor ini dapat melakukan seminar internasional dan penandatanganan MoU dengan berbagai perguruan tinggi di Malaysia dalam rangka mencapai rekognisi internasional PTKIN.

“Penandatanganan MoU nantinya dapat diturunkan dalam program kerja yang optimal dalam rangka peningkatan mutu dan rekognisi internasional PTKIN dapat terwujud secara optimal,” tutur Prof. Ulfiah.

Kegiatan Bincang Dua Negara Serumpun ini merupakan salah satu upaya IAIN Pontianak untuk menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi di luar negeri. Sebelumnya, pada tahun 2018 IAIN Pontianak menjadi tuan rumah Konferensi Antarabangsa Ilmu Bahasa (KAIB) yang diikuti oleh peserta dari berbagai negara.

Dalam sambutannya, Konsul Malaysia Azizul Zekri Bin Abd Rohim menyatakan kesiapannya untuk memfasilitasi dan mendukung berbagai kebutuhan administrasi yang dibutuhkan dalam rangka seminar internasional serta lawatan dan penandatanganan kerjasama di Sarawak pada Juli mendatang. Ia juga mengatakan bahwa Konsulat Malaysia akan membantu IAIN Pontianak untuk dapat terhubung dengan Majelis Agama Islam Sarawak karena seminar dan kunjungan kerja IAIN Pontianak ke Sarawak ini berkenaan dengan isu-isu menyangkut Islam.

Rektor UiTM Serawak Prof. Dr. Jamil Haji Hamali menyampaikan paparannya dan mengatakan bahwa UiTM Serawak siap berpartisipasi dan mendukung berbagai rencana kerjasama pertukaran mahasiswa dan agenda penelitian. Ia juga mengatakan bahwa UiTM Serawak siap menyambut kehadiran para pimpinan Wakil Rektor Bidang Kerja Sama di Sarawak dan berkunjung ke Sarawak.

Dalam sambutannya, Konsul Malaysia Azizul Zekri Bin Abd Rohim menyatakan kesiapannya untuk menfasilitasi dan mendukung berbagai kebutuhan administrasi yang dibutuhkan dalam rangka seminar internasional serta lawatan dan penandatanganan kerja sama di Sarawak pada Juli mendatang. Ia juga mengatakan bahwa Konsulat Malaysia akan membantu IAIN Pontianak untuk dapat terhubung dengan Majelis Agama Islam Sarawak karena seminar dan kunjungan kerja IAIN Pontianak ke Sarawak ini berkenaan dengan isu-isu menyangkut Islam.

Rektor UiTM Serawak Prof. Dr. Jamil Haji Hamali menyampaikan paparannya dan mengatakan bahwa UiTM Serawak siap berpartisipasi dan mendukung berbagai rencana kerjasama pertukaran mahasiswa dan agenda penelitian. Ia juga mengatakan bahwa UiTM Serawak siap menyambut kehadiran para pimpinan Wakil Rektor Bidang Kerjasama di Sarawak dan berkunjung ke Sarawak. (Tim Liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini