Forkopimcam Kendawangan Gelar Apel Siaga, Simulasi dan Sosialiasi Karhutlah

Editor: Redaksi author photo

Forkopimcam Kendawangan Gelar Apel Siaga, Simulasi dan Sosialiasi Karhutlah
KALBARNEWS.CO.ID (KENDAWANGAN) - Dalam rangka upaya pencegahan dan pengendalian Karhutlah jelang musim kemarau tahun ini, Forkopimcam Kendawangan bersama instansi terkait serta menggandeng beberapa perusahaan seperti PT.BGA, PT.WHW dan PT.HKI menggelar apel siaga di halaman Kantor Camat Kendawangan. Kamis (2 Maret 2023).

Apel Siaga Karhutlah dengan inspektur upacara Camat Kendawangan , M.M itu selain dihadiri Forkopimcam Kendawangan juga hadir Danposal Kendawangan dan KUPP Kendawangan serta dinas instansi terkait juga tim damkar dari PT.BGA, PT.WHW dan PT.HKI dan dari Masyarakat Peduli Api (MPA).

Eldiyanto S.Sos dalam sambutannya Camat Kendawangan Eldiyanto selaku inspektur upacara mengatakan apel gabungan siaga Karhutlah ini merupakan kerangka partisipatif antara Forkopimcam Kendawangan, organisasi masyarakat dan perusahaan dalam rangka pengendalian dan penanggulangan Kebakaran hutan dan lahan dan ini merupakan tanggung jawab semua pihak baik pemerintah, masyarakat maupun swasta, untuk itu perlu peran aktif serta komitmen para pihak terkait. Lebih lanjut dikatakan perlunya edukasi dan pendekatan kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan jika ingin membuka lahan atau untuk bercocok tanam.

"Untuk itu saya mengajak kepada seluruh jajaran, instansi pemerintah, swasta dan segenap masyarakat untuk lebih peduli kepada lingkungan kita dengan tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan karena sebagian besar kondisi lahan di Kecamatan Kendawangan berupa gambut dan semak belukar yang berpotensi menyebabkan terjadinya kebakaran secara meluas secara cepat dan menimbulkan kabut asap," tutupnya.

Secara terpisah Zainal Mustafa dari Head Corporate Affair (CA) PT.BGA mengatakan dalam mengantisipasi siklus musim kemarau atau musim panas tahun ini perlu adanya kesiapan dan persiapan dini baik personil maupun fasilitas pemadam kebakaran dalam rangka penanggulangan dan penanganan Karhutlah, untuk itu kami dari pihak perusahaan PT. BGA selalu siap dan bersinergi dengan berbagai pihak seperti Forkopimcam Kendawangan dan Masyarakat Peduli Api (MPA) maupun elemen masyarakat lainnya guna penanganan, pencegahan dan penanggulangan Karhutlah.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan simulasi pemadam kebakaran yang sebelumnya juga Camat beserta Forkopimcam Kendawangan melihat dan meninjau langsung kesiapan alat pemadam kebakaran dari masing masing perusahaan.

Pada kesempatan itu juga diruang rapat Kantor Camat Kendawangan dilakukan Sosialisasi oleh Manggala Agni dan KSDA serta penandatanganan kerjasama pengendalian dan penanggulangan Karhutlah oleh PT.BGA dengan Forkopimcam Kendawangan dan disaksikan oleh beberapa Kepala Desa dan undangan yang hadir.( Fendi's ).

Editor : Lan

Share:
Komentar

Berita Terkini