Apa Itu Jam Tangan Kronograf? Simak Penjelasannya!

Editor: Redaksi author photo

Apa Itu Jam Tangan Kronograf? Simak Penjelasannya!
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Jam tangan merupakan sebuah aksesoris yang hampir tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia sehari-hari. Hal ini karena jam tangan berguna untuk menunjukkan waktu sekaligus berfungsi sebagai penunjang penampilan.  Kamis ( 2 Maret 2023).

Hal yang sama juga berlaku untuk jam tangan kronograf yang membuat penampilan pemakainya menjadi lebih futuristik dan keren. Namun, sebelum memutuskan untuk ikut tren dan membelinya, sebaiknya cari tahu dahulu beberapa poin penting mengenai jam tangan jenis kronograf ini.

Mengenal Jam Tangan Kronograf

Beberapa orang mungkin sudah mengetahui pengertian dari jam tangan jenis kronograf mengingat jenis jam tangan ini sudah sering terlihat dan dimiliki oleh publik. Namun bagi Anda yang belum tahu, definisi sederhana dari jam tangan ini adalah jam tangan yang dilengkapi stopwatch. Jam tangan yang juga bisa berfungsi sebagai pengukur waktu atau pencatat durasi ini memiliki 2 hingga 3 subdial

Keunggulan

1.      Fungsi

Telah disebutkan dalam poin sebelumnya bahwa jam tangan jenis kronograf adalah perangkat yang penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Fungsi penting pertama adalah sebagai penunjuk waktu normal, sedangkan fungsi tambahan stopwatch akan sangat berguna bagi Anda dengan profesi yang erat kaitannya dengan waktu.

Beberapa profesi yang biasanya membutuhkan fungsi pengukuran waktu adalah atlet, pilot, dokter, hingga tentara. Selain untuk tujuan profesional, Anda juga bisa menggunakannya untuk menunjang gaya hidup sehari-hari bagi Anda yang hobi memasak ataupun berolahraga.

2.      Modis

Selain memiliki fitur yang sangat berguna bagi Anda yang membutuhkan stopwatch saat beraktivitas, jam tangan jenis kronograf juga punya sisi modis. Sisi modis ini timbul berkat tampilan jam tangan jenis kronograf yang terbilang keren.

Ukuran dan desain jam tangan jenis kronograf yang cukup tebal dan kokoh membuat Anda yang memakainya terlihat lebih maskulin. Kesan futuristik juga melengkapi tampilan Anda berkat jam tangan yang memiliki banyak tombol dan subdial ini.

Tidak mengherankan jika aksesoris penunjuk waktu yang punya fitur tambahan ini cukup populer di kalangan anak muda.

Cara Menggunakan Stopwatch                                                                                                   

Umumnya, Anda bisa mengaktifkan jarum detik besar yang menandakan berfungsinya stopwatch dengan menekan tombol crown pada bagian kanan atas yang biasanya sejajar dengan angka 2. Untuk menghentikan fungsi stopwatch, Anda hanya perlu menekan tombol itu kembali. Kemudian untuk mengembalikan posisi jarum detik seperti semula, Anda bisa menekan tombol yang ada di bagian kiri crown yang biasanya sejajar dengan angka 4.

Cara Mengalibrasi

Layaknya berbagai peralatan yang digerakkan dengan tenaga baterai, jam kronograf juga kerap mengalami kendala. Kendala yang umumnya terjadi pada jam tangan jenis kronograf adalah posisi jarum yang bergeser atau tidak tepat di angka 12.

Kondisi tersebut biasanya terjadi pasca pergantian baterai atau ketika Anda tidak sengaja menekan tombol kronograf ketika menarik crown. Kondisi ini sendiri tidak hanya terjadi pada jam tangan lama, tetapi juga jam tangan yang baru dibeli.

Meskipun begitu, Anda tidak perlu langsung membawa jam tangan Anda ke tempat reparasi karena Anda juga bisa mengalibrasi atau menyetel jam tangan jenis kronograf Anda sendiri. Cara kalibrasi jam tangan ini cukup mudah, yakni dengan menarik crown untuk mengatur jarum jam lalu menekan tombol kronograf.

Jarum jam akan bergerak perlahan ketika tombol kronograf ditekan sekali, sedangkan akan bergerak cepat jika ditekan dan ditahan. Ketika posisi jarum kronograf sudah kembali ke posisi semula, kembalikan tombol crown pada posisi sebelumnya.

Itulah beberapa poin yang harus Anda pahami sebelum memiliki arlogi kronograf. Salah satu merek jam tangan jenis kronograf yang bisa Anda miliki adalah Orient. Anda bisa mendapatkan jam tangan ini baik di gerai konvensional maupun di marketplace ternama seperti Blibli.

Di Blibli, Anda bisa mendapatkan arloji kronograf Orient dengan kualitas orisinal dan harga terjangkau. Anda juga bisa menikmati penawaran menguntungkan lainnya seperti promo potongan harga, diskon gratis ongkos kirim, dan pilihan jasa pengiriman super cepat yang bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan belanja Anda.(Tim Liputan).

Editor :Aan

 

 

 

Share:
Komentar

Berita Terkini