Masyarakat Di Kecamatan Sungai Kakap Sampaikan Curahan Hatinya Kepada Kapolres Kubu Raya

Editor: Redaksi author photo

Kapolres Kubu Raya Saat Bersama Masyarakat Di Kecamatan Sungai Kakap 
KALBARNEWS.CO.ID.COM (KUBU RAYA) – Kapolres Kubu Raya, AKBP Arief Hidayat, SH, S.I.K melakukan silahturahmi dan mendengarkan keluhan serta curahan hati (Curhat) masyarakat di kecamatan Sungai Kakap, AKBP Arief Hidayat bertemu warga sembari menikmati kopi di MZ Coffe Jalan Perdamaian Dusun Kenaga Desa Pal XI Kecamatan Sungai Kakap Kubu Raya pada hari Jumat (17 Pebruari 2023).

Pada kesempatan tersebut Kapolres Kubu Raya, AKBP Arief Hidayat, SH, S.I.K menyampaikan bahwa Polisi adalah mitra masyarakat, sehingga wajib memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

AKBP Arief Hidayat menambahkan bahwa Polri berkewajiban untuk memberikan jaminan keamanan, ketertiban dan perlindungan hak asasi manusia pada masyarakat serta dapat menunjukkan transparansi dalam setiap tindakan, menjunjung tinggi kebenaran, kejujuran, keadilan, serta kepastian hukum sebagai wujud akuntabilitas publik.

“Kegiatan seperti ini rutin kami laksanakan untuk langsung mendengarkan keluhan, kritik dan saran serta Curahan Hati (Curhat) dari warga di wilayah Hukum Polres Kubu Raya, seperti hari ini kita lakukan bersama warga di Kecamatan Sungai Kakap,” ucap Kapolres.

Satu demi satu warga mengutarakan keluhan dan Curahan Hati (Curhat) kepada Kapolres Kubu Raya AKBP Arief Hidayat, S.H., S.I.K yang didampingi Pejabat Utama (PJU) Polres Kubu Raya dan Kapolsek Sungai Kakap AKP Dede Hasanudin, S.H beserta jajarannya.

Kepala Desa (Kades) Pal IX Kecamatan Sungai Kakap, Marhasan mengatakan, Masyarakat Desa Pal IX dengan jumlah sekitar  32.000 Penduduk siap bersinergi dengan Aparat Keamanan baik TNI dan Polri dalam menjaga dan merawat Keamanan serta Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

“Alhamdulillah selama ini bisa menjaga situasi Keamanan serta Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Pal IX bersama dengan aparat Polsek setempat dan Koramil, namun dengan jumlah penduduk yang sangat besara masih sangat membutuhkan kehadiran personil Kepolisian di wilayah ini,” ujar Marhasan.

Marhasan atas nama Masyarakat juga kepada Kapolres Kubu Raya, AKBP Arief Hidayat agar dapat menambah personil di Polsek Sungai Kakap sehingga kehadiran Polisi ditengah-tengah masyarakat lebih terasa dan bisa membantu masyarakat.

Sementara itu Ketua RT. 30 Desa Pal IX, Mahmud meminta agar Aparat Kepolisian dapat memberikan penyuluhan atau atau membina masyarakat terkait tindak kejahatan yang dilakukan oleh anak-anak agar mengerti hukum dan tidak melakukan tindak kejahatan.

“Kami memohon informasi terkait tindak kejahatan yang dilakukan oleh anak-anak dan mohon kiranya diberikan penyuluhan Hukum sehingga anak-anak kami mengerti hukum dan tidak melakukan tindakan yang bisa melanggar hukum,” ujar Mahmud.

Hal senada disampaikan Kepala Dusun (Kadus) Kenanga Desa Pal IX, Firmansyah Ia mengatakan saat ini yang menjadi sorotan adalah penggunaan narkoba yang menjadi sasaran adalah generasi muda.

“Mohon kiranya hal ini segera diberantas dan diantisipasi oleh Aparat Kepolisian karena sangat merusak generasi penerus bangsa,” tuturnya

Menanggapi curahan Hati (Curhat) masyarakat tersebut Kapolres Kubu Raya, AKBP Arief Hidayat, SH, S.I.K mengucapkan terimakasih, Ia juga mengatakan selama ini semua elemen bersama aparat keamanan telah menjaga situasi Kamtibmas di Kecamatan Sungai Kakap dan khususnya Desa Pal IX.

“Ini merupakan bentuk sinergi yang sangat baik dalam mewujudkan Harkamtibmas apalagi kedepan situasi Kamtibmas akan semakin menanjak sesuai motto Kabupaten Kubu Raya,” tutur Arief.

Kapolres Kubu Raya, AKBP Arief Hidayat berharap kegiatan seperti ini selain menjalin silaturahami namun dapat juga memberikan solusi dalam penyelesaian permasalahan di tengah masyarakat.

“Kami Polres Kubu Raya mohon dukungan dan dari masayarakat agar bisa bekerja lebih baik dalam pelaksanaan tugas Kepolisian, saya mohon jangan sungkan untuk memberikan masukan kepada Kepolisian,” tegasnya.

Kapolres Kubu Raya, AKBP Arief Hidayat, SH, S.I.K mennegaskan juga mengenai Isu soal keamanan, penculikan anak, gangguan kamtibmas dan narkoba sering dilaporkan kepada pihak Polres Kubu Raya langsung ditindak lanjuti sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

"Terkait isu yang berkembang kami berharap dapat diteruskan kepada masyarakat bahwa beberapa kejadian yang terjadi di Kabupaten Kubu Raya ada yang sifatnya hoax dan ada yang sedang dalam tahap penyelidikan mendalam dan kami berhati-hati agar tidak ada permasalahan hukum dalam penyidikannya,” jelas Arief.

Lebih lanjut Kapolres juga mengatakan dengan kecanggihan terknologi saat ini masyarakat diharap untuk berhati-hati dan bijak dalam bermedia sosial, satu sisi masyatakat dapat dengan cepat memperoleh informasi namun harus disaring dulu terkait kebenarannya dan tidak boleh gegabah dalam menyikapinya.

"Terkait permasalahan Narkoba memang musuh bersama yang harus dilawan bersama karena tidak menyasar golongan tertentu namun semua kalangan masyarakat, jangan sampai kita tersangkut masalah narkoba karena akan sulit untuk dilakukan penyembuhan,” ucapnya.

Diakhir pertemuan tersebut Kapolres Kubu Raya menegaskan pihaknya akan terus meningkatkan patroli yang merupakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) di wilayah yang sering terjadinya kerawanan tindak pidana.

“Kami mohon masyarakat memberikan informasi agar polisi dalam melakukan tugasnya tepat sasaran karenaPolri tak akan bisa bekerja secara maksimal tanpa dukungan dari seluruh pihak, termasuk masyarakat Kabupaten Kubu Raya,” pungkas Kapolres Kubu Raya. (tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini