Jelang Ujian Sekolah, Gubernur Kalbar Berikan Motivasi Kepada Siswa SMA 1 Pontianak

Editor: Redaksi author photo

Jelang Ujian Sekolah, Gubernur Kalbar Berikan Motivasi Kepada Siswa Sma 1 Pontianak
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) – Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) H. Sutarmidji S.H., M.Hum., mendatangi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Pontianak, Selasa (21 Februari 2023).

Kedatangannya disambut ratusan siswa-siswi SMA Negeri 1 Pontianak dengan gembira. Kali ini kehadirannya dalam rangka memberikan motivasi bagi siswa kelas 12 yang akan menghadapi Ujian Sekolah dalam waktu dekat.

Gubernur Kalbar mengingatkan para siswa-siswi yang duduk di kelas 12 tersebut untuk memiliki karakter yang jujur dan berintegritas. Pasalnya dengan kejujuran dan integritas akan mampu melahirkan seseorang yang akan sukses.

“Kalau mau sukses kuncinya cuma satu, kalau salah bilang salah, jangan takut dengan siapa yang berbuat salah dan kalau kalian mau menjaga integritas, salah bilang salah. Tidak akan pernah sukses orang yang menyembunyikan kesalahan, karena sampai kapan pun itu akan menjadi beban,” ungkapnya di hadapan para siswa yang hadir.

Tak hanya itu, dirinya juga menambahkan jika akan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi ia berharap para siswa-siswi bisa mengikuti keinginan yang diminati sesuai dengan bakat dan kemampuan yang dimiliki, bukan karena terpaksa.

“Pilihlah program studi yang sesuai dengan keinginan dan harus memiliki planning yang jelas dan terukur,” ujarnya.

Sebab, menurutnya tantangan kedepannya lebih berat dibandingkan sebelumnya dan kemajuan teknologi kian pesat majunya. Serta harus memiliki berbagai inovasi dalam menjawab seluruh tantangan yang ada.

“Kalian (siswa-siswi) harus  memiliki jawaban tantangan itu, harus mandiri dalam menentukan pilihan serta harus optimis dan jangan pernah ada kata pesimis dalam hidup kita. Jika kita memiliki sikap pesimis maka dia akan kalah, namun orang yang memiliki sikap optimis  dia akan menang,” tegasnya.

Pasalnya, dalam kehidupan setiap individu manusia memiliki tingkatan tantangan yang berbeda-beda, dimana ujung dari tantangan tersebut merupakan jalan kesuksesan yang akan diraih.

“Kita harus memiliki jiwa petarung. Petarung dalam artian jangan pernah ada kata menyerah, tidak mungkin takdir yang baik dari seseorang jika usahanya tidak keras. Dan kalian harus merasa mampu dan percaya diri untuk bersaing dengan siapapun,” pintanya.

Dalam pemberian motivasi tersebut, Gubernur Kalbar didampingi Kepala Sekolah SMA 1 Pontianak dan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar serta para civitas akademika SMA 1 Pontianak.(BP).

Editor : Lan

Share:
Komentar

Berita Terkini