IOH Bersama Mitratel Dan Dhost Menandatangani Perjanjian Transaksi Penjualan Menara Telekomunikasi

Editor: Redaksi author photo

IOH Bersama Mitratel Dan Dhost Menandatangani Perjanjian Transaksi Penjualan Menara Telekomunikasi
KALBARNEWS.CO.ID (Jakarta) – PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo Hutchison atau IOH), PT DayamitraTelekomunikasi Tbk (Mitratel), dan PT dhost Telekomunikasi Nusantara (dhost) menandatanganiperjanjian penjualan 1.630 menara telekomunikasi dan sewa kembali 1.527 menaratelekomunikasi. Aksi ini merupakan langkah penting IOH bersama mitra strategis dalammempercepat ekosistem digital di Indonesia. Sejalan dengan program pemerintah, kolaborasitersebut bertujuan untuk mengatasi tantangan masyarakat digital sekaligus memberikanpengalaman yang luar biasa bagi setiap masyarakat Indonesia. Rabu (15 Februari 2023).

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, mengatakan “IOHlahir dengan tujuan lebih besar dalam menghubungkan dan memberdayakan masyarakatIndonesia dengan mempercepat transformasi digital bangsa. Acara penandatangan hari inimerupakan langkah penting yang sejalan dengan tujuan tersebut, di mana kami dapat berfokusdalam meningkatkan pengalaman digital 100 juta lebih pelanggan IOH. Kami yakin aksi ini jugaakan memberikan dampak positif bagi perkembangan industri telekomunikasi dan mempercepatpertumbuhan ekonomi digital Indonesia di masa depan.”

IOH menandatangani perjanjian penjualan bersyarat atas 1,630 menara telekomunikasi (denganrincian sebanyak 997 menara kepada Mitratel dan sebanyak 633 menara kepada dhost) danperjanjian sewa kembali untuk 10 tahun ke depan atas 1.527 menara telekomunikasi (denganrincian sebanyak 983 menara dari Mitratel dan sebanyak 544 menara dari dhost). Transaksi inidiperkirakan akan selesai pada kuartal pertama 2023 yang mengikuti perkembangan kondisi, danakan membangun momentum pertumbuhan IOH yang kuat di industri telekomunikasi Indonesia.

Bertindak sebagai penasihat keuangan ekslusif IOH pada transaksi ini adalah BofA Securities.Direktur Utama PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (Mitratel), Theodorus Ardi Hartoko,mengatakan, “Kami senang dapat berkolaborasi dengan IOH dan memantapkan posisi kamisebagai pemilik menara telekomunikasi terbesar di Asia Tenggara. Penambahan sebanyak 997menara telekomunikasi ini pada akhirnya juga akan memperkuat ekosistem kami di bisnis menaraserta menciptakan nilai yang lebih besar bagi seluruh operator telekomunikasi yang akanmemperluas layananannya serta merupakan bentuk komitmen kami untuk terus berkontribusiterhadap pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.”

Chief Executive Officer dhost, Chong Min, mengatakan, “Kami sangat senang dapat bermitradengan IOH untuk sewa kembali atas 544 menara telekomunikasi dan menandatangani kerjasama ini dengan salah satu operator telekomunikasi digital terdepan di Indonesia. Kami berharapke depannya dapat bekerja sama lebih erat dengan IOH dan operator seluler lainnya baik diIndonesia maupun Kawasan Asia Pasifik untuk membantu perjalanan transformasi digital mereka.”

IOH telah mendatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Telkom Indonesia pada November2022 yang berperan penting dalam mendorong pengembangan ekosistem digital di Indonesia.

Lebih lanjut, baik IOH dan Telkom Indonesia bersama anak perusahaannya berkomitmen untukmempercepat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dan menciptakan dampak yang lebihbesar untuk bangsa.

“IOH akan terus memperkuat dan memperluas layanan kami kepada seluruh pelanggan dengankolaborasi-kolaborasi strategis di masa mendatang. Hal ini juga sejalan dengan misi kami untukmemberikan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan dan memberdayakan masyarakatIndonesia,” tutup Vikram.(Tim Liputan).

Editor : Lan

Share:
Komentar

Berita Terkini