KALBARNEWS.CO.ID (BALI) - Menjadi tuan rumah pada
Puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Group of Twenty (G20), pulau wisata Bali
mengalami pertumbuhan ekonomi sejak semester kedua tahun 2022 silam. Bali kerap kali dianggap
menjadi panggung utama acara internasional dan pusat pariwisata diIndonesia. Senin
(27 Februari 2023).Bank BPD Bali Lihat Loyalitas Pelanggan dari Kualitas Pelayanan Optimal Perusahaan
Hal ini
diperhatikan oleh Pemerintah Bali untuk menargetkan 7.64 juta wisatawan dari mancanegara untuk mengunjungi
Bali. Dalam rangka mencapai target tersebut, Bali berupaya meningkatkan customer
experience guna menarik perhatian wisatawan dari mancanegara.
Perusahaan dengan
visi dan misi tertentu akan memberikan pelayanan optimal kepada pelanggannya sesuai dengan customer
experience yang telah dipelajari oleh perusahaan.
Hal serupa
dilakukan oleh PT Bank Pembangunan Daerah Bali (Bank BPD Bali) guna menyampaikan
pelayanan yang tidak terlupakan bagi nasabahnya dengan kreativitas dan inovasi yang
berkembang. Berangkat dari ini,
MarkPlus Corp
bersama Indonesian Marketing Association (IMA) menghadirkan M Santrian Forum Bali yang dimeriahkan dengan
kehadiran narasumber Iga Semara Sri Widari selaku Head of Quality Service & Card Center Bank
pada Senin, 27 Februari 2023.
“Sebagai
perusahaan yang bergerak dalam jasa layanan finansial, saya memperhatikan
pentingnya layanan terpadu untuk diberikan kepada nasabah yang saya tangani.
Oleh karena itu, Bank BPD Bali turut mengembangkan kualitas pelayanan yang beradaptasi dengan
kreativitas dan inovasi baru untuk memuaskan kebutuhan nasabah” ujar Sri.
Dalam penjelasannya,
Sri melanjutkan, namun, pada saat-saat tertentu, untuk meminimalisir konflik antara nasabah dan bank kurang
dapat berjalan sesuai dengan rancangan komunikasi dan strategi yang telah dipersiapkan
sebelumnya. Perbedaan persepsi antara nasabah dan bank justru mempersulit kondisi bank untuk
beroperasi secara maksimal.
Sri juga
menegaskan adanya kualitas produk menjadi kesan pertama dari sebuah perusahaan
bank yang harus
ditunjukkan untuk memberikan keyakinan bagi nasabahnya. Selain kualitas produk, kemudahan akses memperoleh
produk, dan faktor kualitas layanan menjadi salah satu hal yang sangat berpengaruh terhadap
kepuasan pelanggan. Menarik kepuasan nasabah, rupanya hal ini memiliki pengaruh positif dan
signifikan, dimana semakin tinggi kepuasan nasabah yang tercapai, semakin besar peluang adanya
loyalitas nasabah terhadap perusahaan.
I Dewa Ayu Diah
Suryandari SST.PAR., CHE selaku Corporate Director of Quality Assurance and Operation Elizabeth
International menambahkan, pada tahun 2022 di semester dua, Bank BPD Bali mengalami peningkatan kualitas
layanan sebesar 9.64%. Upaya peningkatan kualitas layanan dinilai berpengaruh terhadap pencapaian
pertumbuhan bisnis dan pendapatan suatu bank.
Pemetaan strategi dalam
menarik calon nasabah dilakukan Sri dengan merangkul berbagai cara seperti pemanfaatan komunitas dan media
sosial yang menjadi kunci utama menerapkan strategi komunikasi pemasaran.
“Dalam merancang komunikasi dan strategi yang
baik, Bank BPD Bali menerapkan beberapa hal
yang dapat ditingkatkan perkembangannya seperti pembuatan video tutorial, menghadirkan roleplay dan
ambasador perusahaan, fasilitas pelatihan, serta melek digital untuk terus update di era digitalisasi saat
ini” pungkas Sri.
Sebagai bukti pelayanannya
yang kian berkembang, Bank BPD Bali meraih penghargaan Top Leader Digital Implementation 2022, dengan
menghadirkan fitur digital, serta peningkatan implementasi dan pemanfaatan solusi digital khususnya
dalam instansi perbankan.
Bank BPD Bali mendorong
berbagai gerakan untuk mempermudah aktivitas finansial seperti transaksi tanpa kartu (cashless), pembuatan Quick
Response Code Indonesian Standard (QRIS) Lintas Negara untuk transaksi di luar negeri, BaliPay
sebagai layanan elektronik berbasis aplikasi, dan BaliPayCard sebagai layanan uang elektronik berbasis
chip. Melalui empat produk tersebut, Bank BPD Bali dapat terus meningkatkan kualitas layanannya
berdasarkan indeks kepuasan dan loyalitas untuk mempermudah
customer experience para nasabah.
“Bali perlu meningkatkan
customer experience melalui pemanfaatan kreativitas dan inovasi. Dengan memanfaatkan customer
experience, inovasi dapat diciptakan sebagai bentuk implementasi atas andil kreativitas dalam
mempromosikan Bali,” tutup Ayu.(Tim Liputan).
Editor : Aan