Pemkab Sigi Bersama WIA Gelar Dzikir Akbar Sambut Tahun Baru 2023

Editor: Redaksi author photo


Pemkab Sigi Bersama WIA Gelar Dzikir Akbar Sambut Tahun Baru 2023
KALBARNEWS.CO.ID (SIGI) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, bersama Wanita Islam Alkhairaat (WIA) Sigi melaksanakan dzikir akbar menyambut Tahun Baru 2023.

"Dzikir akbar menjelang pergantian tahun dilaksanakan yang salah satu tujuannya untuk membangun moral dan karakter serta penguatan spiritual," ucap Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Nuim Hayat, di Sigi, Sabtu malam (31 Desember 2022).

Dzikir akbar ini dilaksanakan oleh Pemkab Sigi bersama WIA di Ruang Terbuka Hijau (RTH) kompleks hunian tetap (huntap) di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru.

Dzikir akbar ini diikuti oleh warga huntap Pombewe beserta majelis taklim dari berbagai masjid di wilayah Kabupaten Sigi.

Pemerintah Kabupaten Sigi melarang semua pihak di daerah itu melaksanakan penyambutan pergantian tahun dengan hiburan yang berlebihan, konser musik, dan dero (tarian khas daerah).

Pemerintah Kabupaten Sigi hanya mengizinkan semua pihak melaksanakan kegiatan religi seperti dzikir akbar untuk Muslim dan ibadah untuk non-Muslim, pada malam pergantian tahun 2022 ke 2023.

Hal ini tertuang dalam surat edaran Bupati Sigi Nomor 060/144.36/Setda mengenai memelihara dan menjaga ketenteraman dan ketertiban di wilayah Kabupaten Sigi menjelang pergantian tahun 2022 ke 2023.

Edaran ini juga melarang semua pihak agar tidak menyalakan kembang api, petasan, konvoi, dan penggunaan knalpot brong pada kendaraan roda dua.

Selain itu, juga dilarang keras menjual minuman keras dan narkoba.

Pantauan di lapangan Sabtu (31/12) malam, di beberapa masjid di wilayah Kecamatan Sigi Biromaru warga yang beragama Islam melaksanakan dzikir yang dikoordinir oleh kepala desa dan camat. Salah satu masjid yang melaksanakan dzikir adalah Masjid Alfalah Desa Lolu, Kecamatan Sigi Biromaru.
(Tim liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini