Karang Taruna Provinsi Kalimantan Barat Terbentuk

Editor: Redaksi author photo

 

Karang Taruna Provinsi Kalimantan Barat Terbentuk
KALBARNEWS (PONTIANAK )- Karang Taruna yang merupakan organisasi kepemudaan yang berperan penting untuk memberdayakan Sumber Daya Manusia (SDM) terkhusus kalangan anak muda untuk melaksanakan kegiatan atau aktivitas yang lebih produktif. Selain berperan untuk pemberdayaan, Karang Taruna juga berperan untuk membantu mengawal program Pemerintah sehingga bisa berjalan dengan baik dan tepat sasaran, karena jenjang Karang Taruna sangat jelas, mulai dari tingkat pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan hingga ke tingkat Desa dan RT/RW.Sabtu (7 Januari 2023).

Termasuk Karang Taruna Provinsi Kalimantan Barat yang saat ini telah siap untuk aktif kembali. 

Hal tersebut disampaikan oleh Andi Wahyudi yang siap menjalankan tugas sebagai Ketua Karang Taruna Provinsi Kalimantan Barat.

“Setelah Karang Taruna Provinsi Kalbar sempat fakum 3-4 tahun. Kini telah siap aktif kembali dengan semangat para pemuda dan pemudi untuk mengaktifkan kembali Karang Taruna Provinsi,” ungkap Andi Wahyudi didampingi M. Ridho Palaguna selaku wakil ketua dan Eko Febiyanto selaku Bendahara Karang Taruna Kota Pontianak.

Andi Wahyudi juga mengatakan, bahwa dirinya sudah mendapat dukungan dari pengurus Karang Taruna Kabupaten/Kota di Kalbar untuk melanjutkan estafet kepemimpinan Karang Taruna Provinsi Kalbar.

Sejau ini, sudah terdapat lima Kabupaten/Kota yang terbentuk Karang Taruna. Diantaranya adalah Karang Taruna Kota Pontianak, Melawi, sambas, Kubu Raya dan Bengkayang tidak aktif. Maka pengurus Kabupaten/Kota ini belum bisa mendapat legalitas.

“Sesuai dengan arahan dari Ketum dan pengurus Karang Taruna pusat. Maka kita harus mengaktifkan kembali Karang Taruna Provinsi untuk bisa melegalitaskan Karang Taruna Kabupaten/Kota di Kalbar, karena itu menjadi syarat untuk melegalitaskan Karang Taruna Kabupaten/Kota,” imbuhnya.

Untuk itu, dirinya berharap agar komitmen pengurus yang ada saat ini untuk mengaktifkan kembali Karang Taruna Provinsi Kalbar bisa disambut baik oleh Pemprov terkhusus kepada Gubernur Kalbar sebagai Dewan Pembina untuk bisa memberikan support dan dukungan untuk keaktifan kembali Karang Taruna Provinsi.

“Karena Karang Taruna ini merupakan organisasi positif bagi pemuda pemudi, maka kita siap untuk mengaktifkan kembali,” ungkapnya.

Ia mengaku, bahwa pihaknya sudah beberapa kali menghadiri dan bertemu dengan pengurus pusat meminta arahan dan membahas tentang organisasi kepemudaan itu. “Arahan dari pusat untuk mengaktifkan kembali Karang Taruna provinsi Kalimantan Barat untuk melegalitaskan pengurus karang Taruna kabupaten/kota di Kalbar. Karena terbentuknya karang Taruna Provinsi ini sebagai syarat untuk legalitas Karang Taruna kabupaten/Kota,” ungkapnya

Untuk itu, dirinya berharap dukungan dari Dewan Pembina yaitu Gubernur Kalbar dan juga majelis pertimbangan Karang Taruna (MPKT) yang telah diusulkan yaitu Boyman Harun dan Zulfydar Zaidar Mochtar.

“Maka itu kita berharap agar bisa bertemu dengan Dewan Pembina kita yaitu Gubernur Kalbar untuk jalannya organisasi lebih baik dan aktif kembali,” imbuhnya.

Tahapan saat ini juga dikatakan adalah tinggal pembentukan Karateker pusat sehingga dirinya juga berharap agar mendapat perhatian khusus dari Karang Taruna Pusat.

Ia pun menyampaikan, program yang akan dijalankan pada Karang Taruna Provinsi. Kata Andi, bahwa pihaknya siap untuk membantu Pemerintah Provinsi Kalbar dalam mensukseskan dan mengawal program-program sosial dan lainnya sehingga berjalan dengan lancar dan tepat sasaran.(BP)

Editor ; Lan

Share:
Komentar

Berita Terkini