Antusias Pengunjung Tinggi Pameran Arsip DPK Diperpanjang

Editor: Redaksi author photo

Pengunjung SMAN 7 Pontianak
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Kegiatan pameran arsip yg di gelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat, menarik minat pelajar,  mahasiswa serta guru guru Sejarah di Kota Pontianak. Senin (30 Januari 2023).

Guru Sejarah SMA Negeri 7 Pontianak Ivnawati mengatakan sangat terkesan dengan pameran yang di adakan ini. Dan berharap bisa di perpanjang.

"Pameran ini sangat menarik,  siswa kami sangat antusias untuk melihat tokoh  kalbar dari berbagai daerah yang berjuang dan mempertahankan kemerdekaan dari bangsa asing, baik Belanda, Inggris, jepang serta tentara Nica, " ujarnya. 

Ivnawati menambahkan meski ada beberapa tokoh pejuang lokal yang belum dapat di pamerkan,  semoga kedepanya koleksi Dinas Kearsipan semakin lengkap.

Pameran Arsip yang dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke 66 Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat ini menarik minat terutama mahasiswa, pelajar tak terkecuali guru guru untuk hadir.  Kehadiran mereka terkait dengan materi pameran tentang Sejarah Pemerintahan Provinsi Kalimantan Barat. 

Pada pameran kali ini, DPK Prov.Kalbar menampilkan perjalanan terbentuknya Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yang di awali dengan Kalimantan Barat pada masa Pra Kemerdekaan, Kalimantan Barat setelah Kemerdekaan ( Masa Nica Belanda dan RIS ), Masa NKRI,  sampailah pada Kalimantan Barat berstatus Provinsi Otonom serta materi arsip lainnya.

"Harapan saya semoga Tokoh-tokoh pejuang  dari daerah kalimantan Barat bisa diangkat menjadi pahlawan Nasional, seperti, ( pangeran kuning,  Rahadi oesman, M. Ali Anyang) sementara ini kita sudah memiliki 2 pahlawan Nasional  yakni Abdul Kadir yang bergelar Raden Tumenggung Setia Pahlawan serta dr. Raden Rubini Natawisastra.," ungkapnya.

Sebagai guru Sejarah, besar harapan kami sejarah lokal bisa diangkat kedalam kurikulum mata pelajaran disekolah SD - SMA.  Sehingga putra putri Kalbar dapat mengenal, mempelajari dan merasakan perjuangan leluhur kami yang berjuang dari Kalbar," harap Ivna.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat, Sugeng Hariadi  menyambut baik keinginan tersebut.  

"Galeri arsip, setiap hari terbuka untuk siapa saja. Terkait dengan perpanjangan waktu pameran, bisa kami akomodir. Terkait materi yang dimaksud,  akan kami tampilkan hingga sebulan kedepannya. Jadi tematik tentang Sejarah Kalbar tetap menjadi yang utama dalam sebulan," tambah Sugeng menjelaskan.

Sugeng menjelaskan bagaimana pun juga kami berusaha membangun kecintaan dan kepedulian  mahasiswa dan pelajar, termasuk para guru guru tentang arsip, melalui Pameran Arsip ini.   Di tangan generasi muda ini  perlu di bangun kembali kesadaran pentingnya merawat arsip, sehingga terjaga kelestariannya.  Karena arsip sebagai memori kolektif bangsa.

 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat  menghadirkan sebanyak  525 Koleksi arsip, yang  penempatannya pun di atur sedemikian rupa, sehingga memudahkan pengunjung untuk melihatnya. 

"Kita Perpanjang Pameran Arsip ini, sesuai permintaan  guru dan pelajar . Pameran yang awalnya 4 hari, kita perpanjang  sebulan ke depan. Semoga memberikan informasi yang manfaat bagi pengunjung," harap Sugeng. (Tim Liputan).

Editor : Aan


Share:
Komentar

Berita Terkini