7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Smart TV

Editor: Redaksi author photo

7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Smart TV
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Pesatnya kemajuan teknologi, turut membuat alat elektronik semakin canggih dan terus berinovasi. Sebagai alat elektronik yang hampir dimiliki di setiap rumah, tampilan televisi pun turut mengalami perubahan. Dari yang awalnya berupa televisi hitam putih dan kini beralih menjadi smart TV dengan dilengkapi banyak fitur canggih di dalamnya. Minggu (29 Januari 2023).

 Dengan lahirnya smart TV membuat aktivitas menonton televisi jadi lebih menyenangkan. Tak hanya menonton acara TV kesayangan, bermain game favorit atau melakukan aktivitas menonton lewat aplikasi di smartphone dengan jaringan internet kini bisa dilakukan menggunakan smart TV.

 Salah satu jenis smart TV yang kini banyak tersedia di pasaran adalah smart TV 4K. Yang dimaksud smart TV 4K adalah perangkat TV yang dilengkapi kemampuan resolusi 4K. Artinya, TV tersebut mempunyai 3.840 piksel horizontal dan 2.160 piksel vertikal, dengan total mencapai 8,3 juta piksel. Hal ini menjadikan kualitas gambar yang dimiliki TV 4K menjadi lebih detail dan jelas karena kerapatan piksel lebih besar yang dimilikinya.

 Beragam merek dan tipe smart TV 4K yang beredar di pasaran pun bisa jadi membuat Anda bingung saat hendak membeli smart TV untuk keluarga di rumah. Apa saja sih yang perlu diperhatikan sebelum membelinya?

Cara memilih smart TV 4K

 Di bawah ini beberapa tips cara memilih smart TV 4K yang bisa dijadikan panduan sebelum membeli, sebagai berikut :

             1. Ketahui jenis panel TV

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum Anda memilih smart TV yaitu jenis panel TV yang digunakan. Smart TV dengan beragam merek seperti smart tv samsung, smart tv polytron, dan beragam merek lain biasanya memiliki beberapa jenis panel berupa LED, LCD, dan OLED. Ketiganya hadir dengan kualitas gambar yang berbeda-beda. Untuk saat ini, kualitas gambar paling memuaskan terdapat pada layar OLED sebagai teknologi terbaru dari segi layar. Meski begitu, teknologi pada ketiga panel layar di atas sudah dilengkapi resolusi 4K yang dapat menghadirkan fitur canggih berupa HDR, HDR10+, hingga Dolby Vision.

2. Perhatikan ukuran layar televisi

Untuk ukuran layar TV sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Ukuran smart TV 32 inch sampai 55 inch kerap menjadi pilihan banyak keluarga saat ini.

 Untuk memilih ukuran layar yang tepat, bisa disesuaikan dari ukuran ruangan serta jarak pandang antara penonton dengan televisi berada. Untuk jarak pandang tidak sampai 150 cm, Anda lebih baik memilih ukuran televisi 32 inci. Namun jika jarak pandang berkisar antara 150-180 cm, Anda bisa memilih ukuran 43 inci. Sementara untuk jarak pandang antara 6-7 kaki, ukuran layar 46 atau 50 inci bisa dijadikan pilihan. Sementara untuk ruangan yang lebih luas, Anda bisa memilih televisi dengan layar ukuran 50-55 inci.

 Sedangkan untuk televisi di dalam kamar, Anda bisa memilih ukuran smart TV 32 inci yang tidak akan memakan banyak ruang di kamar, namun tetap bisa memberikan kenyamanan visual saat menontonnya.

 3. Resolusi layar televisi

Untuk mendapatkan pengalaman menonton televisi dengan kualitas gambar yang bagus, resolusi layar TV adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Dengan memilih smart TV 4K yang memiliki  resolusi 3840 x 2160 piksel,

aktivitas menonton film dan bermain game akan menjadi semakin menyenangkan.

 4. Kualitas speaker dan suara

TV dengan speaker berkualitas akan menghasilkan suara yang jernih dan tentunya akan menambah kenyamanan saat menonton televisi ataupun bermain games. Pilihlah smart TV yang disertai sistem speaker stereo dengan hasil suara bass yang pas. Dengan adanya hal tersebut, Anda pun tidak perlu lagi membeli perangkat sound tambahan untuk televisi di rumah.

 5. Perhatikan kelengkapan konektivitas port penghubung

Hal lain yang tidak kalah penting yang menjadi pertimbangan saat memilih smart TV adalah konektivitas port penghubung. Untuk smart TV biasanya disertai HDMI, port USB, serta beberapa dukungan multimedia lainnya untuk dihubungkan ke jaringan internet dengan WiFi atau LAN.

 6. Pilih sistem operasi (OS) sesuai kebutuhan Anda

Tak jauh beda dengan smartphone, Smart TV pun mempunyai beberapa jenis sistem operasi yang bisa dijadikan pilihan seperti Tizen,  Firefox, hingga Android. Saat akan memilih sistem operasi pada TV, pertimbangkan jenis aplikasi yang bisa didukung dari sistem operasi tersebut.

 7.Garansi

Garansi produk menjadi jaminan yang diberikan produsen mengenai kondisi produknya. Hal ini berkaitan dengan perbaikan atau penukaran produk yang bisa dilakukan jika produk tidak berfungsi. Untuk garansi, umumnya selama satu tahun sejak tanggal pembelian. Garansi pabrik lebih baik daripada garansi toko mengingat garansi pabrik menjamin setiap produk yang rusak yang tidak diakibatkan kelalaian pembeli akan diganti dengan produk baru yang sejenis.

 Dengan beberapa tips di atas, semoga dapat membantu Anda memilih smart TV sesuai kebutuhan. Selain membeli langsung ke toko elektronik terdekat, Anda pun bisa lebih mudah mendapatkan smart TV idaman secara online melalui marketplace atau e-commerce. Pastikan marketplace yang Anda pilih adalah marketplace terpercaya dan berpengalaman seperti Blibli.

 Selain terdapat banyak pilihan smart TV dari berbagai merek ternama, Anda pun akan mendapat jaminan produk bergaransi dan original. Dapatkan pula promo akhir bulan di Blibli untuk smart TV pilihan Anda serta gratis biaya pengiriman sampai ke rumah.(Tim Liputan).

Editor : Lan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini