Wapres Bertolak Ke Semarang Untuk Resmikan PLUT KUMKM

Editor: Redaksi author photo

Wapres Bertolak Ke Semarang Untuk Resmikan PLUT KUMKM
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin bertolak ke Semarang, Jawa Tengah, untuk meresmikan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Koperasi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (KUMKM).

Menggunakan Pesawat Khusus Kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU, Wapres didampingi Istri Wury Ma’ruf Amin lepas landas dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Pangkalan Udara TNI AD Ahmad Yani, Semarang, Senin pukul 18.00 WIB. (26 Desember 2022).

Berdasarkan siaran pers yang diterima di Jakarta, Wapres dijadwalkan tiba di Semarang pukul 19.00 WIB dan akan disambut oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beserta anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Jawa Tengah.

Selanjutnya, Wapres didampingi oleh Gubernur Jawa Tengah dan rombongan akan menuju tempat bermalam di Hotel Gumaya, Jl. Gajah Mada No.59-61 Kota Semarang, dengan berkendara mobil.

Keesokan harinya, Wapres diagendakan meresmikan PLUT KUMKM Kabupaten Semarang yang berlokasi di Jl. Fatmawati No. 161 Semarang, Jawa Tengah.



Tidak hanya meresmikan PLUT KUMKM Kabupaten Semarang, Wapres juga akan meresmikan PLUT yang berasal dari lima wilayah lain di Indonesia.

Kelima PLUT KUMKM yang akan ikut diresmikan tersebut, di antaranya PLUT Kabupaten Buleleng, Bali; PLUT Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah; PLUT Kabupaten Dairi, Sumatra Utara; PLUT Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan; dan PLUT Kotamadya Kendari, Sulawesi Tenggara.

Sebagai informasi, PLUT merupakan salah satu program kerja dari Kementerian Koperasi dan UKM untuk mendorong UMKM naik kelas. Program ini telah dijalankan sejak tahun 2014, sesuai dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Koperasi dan UKM Nomor 9 Tahun 2013.

PLUT KUMKM bertujuan untuk memberikan jasa layanan yang komprehensif dan terpadu bagi pengembangan usaha koperasi dan UMKM.

Sebelum meresmikan PLUT KUMKM, pada kesempatan yang sama Wapres juga diagendakan untuk menyerahkan Pembiayaan LPDB KUMKM dan KUR UMKM kepada 10 perwakilan penerima.

Turut serta mendampingi Wapres pada kunjungan kerja tersebut antara lain Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Guntur Iman Nefianto, Staf Khusus Wapres Bidang Reformasi Birokrasi Mohamad Nasir, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, serta Staf Khusus Wapres Bidang Politik dan Hubungan Kelembagaan Robikin Emhas.
(Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini