Wali Kota Magelang: Terbaik Standar Pelayanan Publik Penyemangat ASN

Editor: Redaksi author photo

Wali Kota Magelang: Terbaik Standar Pelayanan Publik Penyemangat ASN
KALBARNEWS.CO.ID (MAGELANG) - Predikat terbaik nasional untuk Kepatuhan Standar Pelayanan Publik 2022 Kota Magelang, Jawa Tengah menjadi penyemangat aparatur sipil negara untuk terus meningkatkan kinerja, kata Wali Kota Megelang Muchamad Nur Aziz.

"Penghargaan ini menjadi penyemangat, sehingga ASN Kota Magelang betul-betul nyawiji melayani masyarakat dengan baik. Ini tanggung jawab besar, maka ke depan harus diperbaiki lebih baik lagi," kata Aziz dalam siaran pers Bagian Prokompim Kota Magelang, Jumat (23 Desember 2022).

Kota Magelang menduduki peringkat pertama tingkat nasional untuk predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik tahun 2022 (Opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik) dengan nilai 95,10. Atas prestasi ini Kota Magelang berhak atas piagam penghargaan dari Ombudsman Republik Indonesia.

Menurut Aziz prestasi tersebut berkat kekompakan ASN, pimpinan, dan masyarakat Kota Magelang.

Penilaian penyelenggaraan pelayanan publik oleh Ombudsman RI merupakan salah satu upaya pencegahan maladministrasi dengan menilai kondisi penyelenggaraan pelayanan publik secara komprehensif dimana menghasilkan opini pengawasan pelayanan publik yang dijadikan acuan kualitas.

Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Magelang Taufiq Nurbakin menjelaskan Kota Magelang pada tahun 2021 masuk ke dalam zona kuning dengan nilai 61,24. Tahun ini mengalami peningkatan yakni 95,10 dan masuk zona hijau untuk kategori Kota.

Menurut dia prestasi ini tidak lepas karena usaha kepala daerah dalam memberikan penekanan kepada para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) untuk memenuhi standar pelayanan publik sesuai amanat UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Terdapat tiga aspek penting yang menjadi kunci keberhasilan, yakni komitmen dan dorongan kepala daerah dalam memperbaiki layanan masyarakat, bagian organisasi setda berperan aktif mendorong OPD untuk pemenuhan standar pelayanan publik dan agen perubahan reformasi birokrasi pada masing-masing dinas berperan aktif dalam pemenuhan standar pelayanan publik.

"Inovasi yang sangat menonjol adalah layanan Si Bulan (Aksi Ibu Pulang Bawa Akta Kelahiran) di mana ibu sehabis melahirkan otomatis akan mendapatkan akta kelahiran, hal ini dimaksudkan untuk mempercepat adminduk warga," kata Taufiq.

Tidak hanya itu, tujuh lokus penilaian oleh tim evaluator Ombudsman RI di Kota Magelang pada 25-27 Oktober 2022 lalu meliputi Dinas Kesehatan, Puskesmas Jurangombo, Puskesmas Kerkopan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Sosial, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

"Prestasi yang telah diraih ini tentunya merupakan amanat yang besar bagi Pemerintah Kota Magelang, untuk tidak berhenti pada tujuh lokus evaluasi saja tetapi bagaimana dapat didiseminasikan, diaplikasikan dan diterapkan pada seluruh OPD maupun Unit Penyelenggara Pelayanan Publik di Kota Magelang," katanya. (Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini