"Tokopedia Hijau" Resmi Diluncurkan Dorong Praktek Ramah Lingkungan

Editor: Redaksi author photo

"Tokopedia Hijau" Resmi Diluncurkan Dorong Praktek Ramah Lingkungan
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Tokopedia secara resmi meluncurkan inisiatif bernama "Tokopedia Hijau" mendorong praktek ramah lingkungan bisa diterapkan dengan masif tidak hanya oleh pelaku usaha tapi juga masyarakat umum sebagai konsumen. Rabu (14 Desember 2022).

"Tokopedia Hijau hadir untuk mengajak sebanyak-banyaknya penjual dan masyarakat menerapkan prinsip ramah lingkungan demi bersama membangun bisnis berkelanjutan dan dapat berkontribusi juga untuk lingkungan hidup," kata Public Affairs Senior Lead Tokopedia Aditia Grasio Nelwan

Inisiatif itu diluncurkan sejalan dengan visi Pemerintah untuk mengadopsi prinsip ekonomi hijau yang artinya bisnis mampu mengakomodir lingkungan hidup tetap lestari dan dapat seimbang dengan kesejahteraan masyarakat.

Dalam "Tokopedia Hijau" ada dua program bagi pelaku UMKM bisa mengenal lebih jauh praktek tepat menjalankan bisnis sembari menghadirkan solusi produk yang ramah lingkungan yakni lewat program edukasi dan inkubasi Seller Hijau.

Pada program Edukasi Seller Hijau, nantinya UMKM bisa mengakses modul komprehensif berisi panduan untuk memulai dan membangun bisnis yang lebih ramah lingkungan yang dapat diakses lewat situs web seller.tokopedia.com.

Ada juga Program Inkubasi Seller Hijau yang terdiri dari serangkaian proses, seperti kelas intensif dan kampanye daring, untuk lebih memberdayakan penjual ramah lingkungan.

Program hasil kolaborasi dengan perusahaan sosial The Local Enablers itu menyasar penjual dengan produk dan kemasan ramah lingkungan, serta usaha berkelanjutan yang berdampak pada sosial dan lingkungan.

"Kami berperan sebagai fasilitator untuk berbagi wawasan serta praktek terbaik dalam menerapkan prinsip ramah lingkungan bagi para pelaku UMKM,” kata Pendiri The Local Enabler Dwi Indra Purnomo.

Sementara untuk masyarakat, Tokopedia Hijau hadir secara khusus mengkurasi produk-produk yang ramah lingkungan yang dapat diakses lewat aplikasi Tokopedia.

Masyarakat yang tertarik bisa mengetik "Tokopedia Hijau" di kolom pencarian aplikasinya dan akan segera diarahkan menuju produk-produk hasil UMKM yang menerapkan prinsip ramah lingkungan.

Masyarakat juga bisa ikut melestarikan lingkungan dengan membeli produk ramah lingkungan yang ada di laman khusus Tokopedia Hijau.

Tokopedia akan menanam satu pohon untuk satu transaksi yang dilakukan dari laman khusus Tokopedia Hijau selama masa kampaye daring inisiatif tersebut di periode 10-17 Desember 2022.

“Saya mengapresiasi gerakan Tokopedia Hijau yang bertujuan mewujudkan ekosistem lokapasar yang lebih efisien dan minim limbah. Hal ini senada dengan program prioritas Kemenkop UKM dalam mendukung pengembangan UMKM ramah lingkungan," ujar Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi inisiatif tersebut.
(Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini