Sulbar Tingkatkan Kualitas Pertanian Dukung Program Merdeka Pangan

Editor: Redaksi author photo

Sulbar Tingkatkan Kualitas Pertanian Dukung Program Merdeka Pangan
KALBARNEWS.CO.ID (MAMUJU) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat terus meningkatkan kualitas pertanian di daerah itu dalam upaya mendukung program merdeka pangan dan "food estate" atau usaha budidaya tanaman skala luas.

"Kami mendorong program merdeka pangan dan 'food estate' di Sulbar melalui peningkatan kualitas pertanian," kata Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik, saat menyerahkan bantuan sarana dan prasarana pertanian kepada Pemkab Majene, di Rumah Jabatan Gubernur Sulbar di Mamuju, Sulbar, Minggu (18 Desember 2022)

Ia memaparkan, bantuan yang diserahkan berupa bibit padi dan bibit jagung hibrida serta sarana dan prasaran usaha jalan tani sebanyak 12 unit. Kemudian, bantuan sarana produksi melon dan semangka masing-masing 3.500 gram termasuk mulsa plastik, pestisida nabati, pupuk hayati serta pupuk kandang,

Selanjutnya, bantuan benih bawang merah 21.550 kilogram, cabai 9.500 gram dan durian otong 2.380 pohon.

Bantuan tersebut, kata Akmal Malik, sebagai dukungan demi berjalannya program merdeka pangan di Sulbar.

Ia mengapresiasi langkah Pemkab Majene yang terus mendorong usaha budidaya tanaman skala luas atau "food estate".

"Kita menyediakan prasarana prasarana buat program merdeka pangan. Kita juga siapkan benih agar program merdeka pangan kita bisa jalan," ujar Akmal Malik.

Sulbar, lanjutnya, memiliki potensi pertanian yang sangat besar sehingga hal tersebut menjadi konsentrasi pemerintah untuk terus mengintervensi sektor pertanian.

Ia mengemukakan, hal itu dalam rangka mengantisipasi inflasi dan ancaman krisis pangan."Jaga produksi pertanian kita agar jangan sampai terjadi inflasi. Kita jaga stok produksi kita, jaga kebutuhan kita, sisanya disuplai ke luar," tutur Akmal Malik. (Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini