Pemkab Tabanan Adakan Pasar Murah Tekan Inflasi

Editor: Redaksi author photo

Pemkab Tabanan Adakan Pasar Murah Tekan Inflasi
KALBARNEWS.CO.ID (BALI) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan, Bali, mengadakan pasar murah dalam acara car free day di Kota Tabanan, guna menekan angka inflasi. Minggu (18 Desember 2022)

Bupati Tabanan  I Komang Gede Sanjaya berkomitmen untuk menurunkan harga sembako menjelang  perayaan Natal dan Tahun Baru, Galungan dan Kuningan di wilayahnya.

"Kita komitmen di bulan Desember,  pelaksanaan car free day, kita rangkai dengan pasar murah dari tim TPID Tabanan. Kami mendapat arahan dari Gubernur dan Kepala BI Bali bahwa Bali  mengalami inflasi. Nah, bagaimana cara mengatasi inflasi, salah satunya adalah kami sinergikan dengan kegiatan seperti ini (pasar murah)," ujar Bupati Sanjaya.

Pemkab Tabanan  melaksanakan pasar murah dengan 25 stand/saung pedagang yang berasal dari pelaku UMKM yang  tujuannya untuk ikut menekan harga sembako, khususnya beras, telur, sayur dan lainnya.

Pihaknya bersyukur bisa menyelenggarakan kegiatan ini sebagai salah satu cara menstabilkan harga, sehingga mampu menekan harga dan juga membantu para Petani dalam mengatasi pemain ataupun tengkulak.

"Ketika ada inflasi  pasti banyak ada pemain yang ingin mengeruk keuntungan di saat-saat seperti ini. Maka, itulah tugas dari pemerintah untuk mengendalikan, baik melakukan operasi pasar maupun kegiatan seperti ini.," kata Sanjaya.



Politisi asal Dauh Pala Tabanan mengaku, para pedagang sangat mengapresiasi bantuan dari pemerintah yang bersinergi dengan masyarakat dalam hajatan-hajatan yang dilaksanakan pemerintah, bukan hanya dalam kegiatan car free day, namun juga sebelumnya di ajang  perayaan HUT ke-529 Kota Tabanan.

Hal inilah yang diinginkan oleh Bupati Sanjaya, adanya kolaborasi yang bukan hanya menyehatkan badan, tetapi juga bagaimana meringankan beban kehidupan masyarakat, khususnya dalam menyambut hari raya Natal, Tahun Baru dan juga hari raya Galungan dan Kuningan.

"Astungkara, ini akan bergulir terus dan reguler kita lakukan, sehingga mampu membantu masyarakat. Tadi, petani  mengatakan saat sekarang menanam, nanti bulan Maret akan over kapasitas, over produksi dan pasti harga akan anjlok. Contoh, sekarang idealnya harga gabah 5 ribu tapi nanti di saat over produksi bisa sampai 4 ribu sampai 3 ribu. Ini sangat merugikan para petani, maka, inilah tugas kita di Pemerintah," ujar Sanjaya.

Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya
berharap kegiatan pasar murah dalam acara car free day mampu membantu masyarakat dalam rangka menstabilkan harga kebutuhan pokok menjelang hari raya dan hari besar nasional.
(Tim liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini