Pemkab Selayar Programkan Listrik Berkeadilan Melalui Program BPBL

Editor: Redaksi author photo

Pemkab Selayar Programkan Listrik Berkeadilan Melalui Program BPBL
KALBARNEWS.CO.ID (MAKASSAR) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan memprogramkan listrik berkeadilan melalui program kegiatan Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL). Jumat (9 Desember 2022)

Kepala Bagian Ekonomi Pemkab Selayar Rahman Made di Makassar, Jumat, mengatakan mengatakan listrik menjadi salah satu kebutuhan mendesak sebagian warga kepulauan di Selayar.

"Kita akan terus memaksimalkan upaya dalam rangka mewujudkan energi listrik berkeadilan. Kita ada program BPBL atau bantuan pasang baru listrik," ujarnya.

Rahman mengatakan hasil koordinasi lintas sektoral dengan Kementerian ESDM dan PT PLN mendapatkan kepastian untuk merealisasikan program listrik berkeadilan tersebut.

"Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar di bawah kepemimpinan Muh Basli Ali dan Saiful Arif berkomitmen untuk mewujudkan pemerataan listrik khususnya di wilayah kepulauan demi terwujudnya energi berkeadilan," katanya.

Dirinya kemudian merinci, untuk Tahun Anggaran 2023 ini ada tiga program yang akan direalisasikan yakni; program kegiatan Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) yang sementara dilakukan survei oleh tim USAID-Sinar pada 30 desa di kecamatan daratan.

Selanjutnya program percepatan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terpusat oleh PT PLN (Persero) UID Sulserabar di empat kecamatan kepulauan.

"Diantaranya PLTS Kayuadi Kecamatan Takabonerate dengan kapasitas 1.014 kWp, PLTS Tamalala Kecamatan Pasimasunggu kapasitas 176 kWp, PLTS Bonerate Kecamatan Pasimarannu 1.392 kWp, dan PLTS Kalaotoa Kecamatan Pasilambena 632 kWp," terangnya.

Selain itu, interkoneksi daratan Selayar ke Pulau Pasi, Kecamatan Bontoharu dengan bentangan kabel listrik sehingga masyarakat di tiga desa tersebut dapat menikmati pemenuhan kebutuhan dasar listriknya.
(Tim liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini