Pangkoarmada RI Targetkan Penguatan Peran Koarmada RI

Editor: Redaksi author photo

Pangkoarmada RI Targetkan Penguatan Peran Koarmada RI
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Panglima Komando Armada RI (Pangkoarmada RI) Laksamana Madya TNI Herru Kusmanto menargetkan penguatan peran Komando Armada RI (Koarmada RI) karena memiliki lingkup yang luas. Sabtu (3 desember 2022)

“Saya harus mewujudkan bahwa organisasi ini (Koarmada RI) harus eksis, harus segera menyesuaikan, seperti organisasi-organisasi TNI lainnya, harus diperkuat dan harus diperbesar perannya,” ujar Herru, dikutip dari kanal YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa, di Jakarta.
Karena, ujar Herru melanjutkan, lingkupnya membawahi Koarmada I, Koarmada II, Koarmada III beserta jajaran Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) dan Pangkalan Angkatan Laut (lanal) di bawah Koarmada RI.

Herru menargetkan untuk meningkatkan peran dan fungsi Koarmada RI demi menyatukan dan memperkuat kekuatan laut, yang merupakan tugas sekaligus tantangan yang ia hadapi sebagai Panglima Koarmada RI.

“Harapan saya, Koarmada RI dapat lebih eksis dan bisa mengemban tugas dan fungsi untuk mempertahankan kedaulatan NKRI, dan mempersatukan kekuatan laut Indonesia,” kata Herru melanjutkan.

Berpengalaman menjadi Pangkoarmada 2, Laksdya TNI Herru Kusmanto berharap agar dirinya bisa memberikan dedikasi dan dharma baktinya kepada TNI melalui Koarmada RI.

Herru Kusmanto menjalani upacara serah terima jabatan (sertijab) untuk menjadi Pangkoarmada RI pada Selasa (27/9). Upacara tersebut dipimpin oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono. Upacara serah terima jabatan berlangsung di Lapangan Arafuru Koarmada I, Jakarta Pusat.

Koarmada RI TNI AL adalah Komando Utama Operasi di tingkat Mabes TNI yang berkedudukan langsung di bawah Panglima TNI dan sebagai Komando Utama Pembinaan di tingkat Mabesal yang berkedudukan langsung di bawah Kasal.

Dalam melaksanakan tugasnya sebagai Kotama Ops, Koarmada RI menyelenggarakan operasi pertahanan keamanan matra laut sesuai dengan kebijakan Panglima TNI.
(Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini