Kemenkominfo Susun Strategi Untuk Talenta Digital Terdampak Efisiensi

Editor: Redaksi author photo

Kemenkominfo Susun Strategi Untuk Talenta Digital Terdampak Efisiensi
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA)  - Kementerian Komunikasi dan Informatika sedang menyusun strategi untuk membantu talenta digital unggul yang terdampak efisiensi startup.Kamis (1 Desember 2022).

"(Pekerja) yang terkena layoff adalah talenta-talenta digital unggul, yang diharapkan bisa diserap oleh industri lain yang ingin melakukan transformasi digital," kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan ditemui usai Forum Ekonomi Digital Kominfo V.

Sejumlah perusahaan rintisan (startup) digital di Indonesia melakukan efisiensi, salah satunya dengan pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan.

Berdasarkan rapat sore itu, Kementerian berencana membuat basis data talenta digital yang terdampak efisiensi startup kemudian menginformasikan ke lembaga lain bahwa ada talenta digital yang tersedia.

Cara ini diharapkan bisa menjadi jembatan antara talenta digital dengan perusahaan atau lembaga lain yang sedang melakukan transformasi digital.

"Mungkin juga bisa diserap di industri-industri lain, mungkin juga diserap oleh pemerintah," kata Semuel.

Informasi yang dihimpun dari rapat itu, Kementerian menyimpulkan ada berbagai penyebab startup digital melakukan PHK, namun, secara garis besar bukan karena penurunan bisnis, melainkan rasionalisasi.

Contohnya, terdapat dua startup besar yang baru-baru ini melakukan merger sehingga mereka melakukan PHK karyawan. Startup lainnya mengadakan PHK karena ada perubahan aktivitas dari semula banyak yang bekerja secara dalam jaringan (online) menjadi luar jaringan (offline).

"Kalau saya lihat, ini masih ada di tahapan rasionalisasi," kata Semuel.

Startup di dunia, termasuk di Indonesia, punya kecenderungan mempekerjakan talenta digital sebelum mereka membutuhkan keterampilan itu, salah satunya karena jumlah talenta digital di bursa kerja terbatas.

Ketika kondisi sekarang ini membuat perusahaan harus memperketat ekonomi, startup harus melepas talenta digital pada bidang yang belum terlalu dibutuhkan. Rasionalisasi yang dilakukan startup diharapkan bisa membuat perusahaan beroperasi secara positif dan berkelanjutan.
(Tim liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini