Festival Budaya Madura Lestarikan Adat dan Tradisi

Editor: Redaksi author photo

Festival Budaya Madura Lestarikan Adat dan Tradisi 
KALBARNEWS.CO.ID (KETAPANG) – Setelah perhelatan dua budaya adat yaitu adat Dayak dan adat Melayu dibuka dan diresmikan beberapa waktu lalu oleh Pemkab Ketapang kali ini giliran budaya Madura pun ikut eksis dalam memeriahkan keanekaragaman budaya yang ada di Kabupaten Ketapang dengan menggelar Pentas Seni dan Budaya Madura yang Bertemakan "Melestarikan Adat Budaya, Memperkokoh Persatuan Bangsa" yang diprakarsai oleh Ikatan Keluarga Besar Madura (IKBM) Kabupaten Ketapang yang diadakan di Pendopo Bupati Ketapang, Jum'at (16 Desember 2022).

Acara tersebut dibuka langsung oleh wakil Bupati Ketapang H Farhan, SE.,M.Si. dengan dihadiri unsur Forkopimda Ketapang dan undangan lainnya, Pengurus IKBM Provinsi Kalbar dan Kabupaten, para Tokoh dan Masyarakat Madura di Kabupaten Ketapang.

Dalam sambutanya, Wakil Bupati Ketapang, H. Farhan, S.E., M.Si menuturkan Pemkab Ketapang mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi - tingginya kepada panitia pelaksana dan kepada Ikatan Keluarga Besar Madura (IKBM) Kabupaten Ketapang,” tuturnya.

Kita ketahui bersama bahwa keberadaan IKBM Ketapang sebagai fasilitator perkembangan seni Budaya Madura di Kabupaten Ketapang. Kegiatan ini merupakan wujud untuk melestarikan budaya dan tradisi madura agar para generasi kita paham dengan adat kebudayaan dan tradisi,” ujarnya. 

Selain itu, saya berharap melalui kegiatan ini, dapat meningkatkan tali silaturrahim, tidak hanya dalam lingkup antar suku madura saja akan tetapi dengan semua jenis etnis yang ada di Kabupaten Ketapang,” sambungnya.

Wabup juga berpesan budaya kita adalah budaya yang terbuka, nilai luhur adat dan budaya bangsa kita harus diwariskan kepada anak cucu kita sebagai sumber jati diri bangsa untuk itu kita harus terus semangat dalam berupaya melestarikan adat dan budaya dengan cara yang tepat cerdas dan inovatif,” jelasnya. (Efyus)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini