Disparbud Garut Tawarkan Beragam Wisata Di Musim Libur Akhir Tahun

Editor: Redaksi author photo

Disparbud Garut Tawarkan Beragam Wisata Di Musim Libur Akhir Tahun
KALBARNEWS.CO.ID (GARUT) - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, Jawa Barat menawarkan beragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah pada musim libur akhir tahun mulai dari wisata alam, pemandian air panas, maupun kuliner.

"Kita akan lakukan koordinasi dengan PHRI maupun para pelaku-pelaku wisata bahwa yang namanya wisata di Garut itu sangat banyak yang bisa dikunjungi," kata Kepala Disparbud Kabupaten Garut Agus Ismail saat dihubungi wartawan di Garut, Selasa (20 Desember 2022).

Ia menuturkan, Kabupaten Garut memiliki banyak destinasi wisata unggulan yang menarik untuk dikunjungi wisatawan baik yang dikelola oleh pemerintah daerah maupun swasta.

Wisatawan, kata dia, tidak hanya fokus mengunjungi objek wisata pemandian air panas alami Cipanas di Kecamatan Tarogong Kaler, tapi bisa mengunjungi destinasi wisata lainnya yang mudah dijangkau oleh kendaraan roda dua maupun empat.

"Nanti bagaimana kita membangun kolaborasi antara berbagai pihak, misalkan dengan pihak hotel, dengan pihak-pihak yang lain agar si pengunjung yang saat ini masih terfokus di Cipanas, itu juga bisa menyebar begitu ke tempat wisata yang lainnya," katanya.

Ia menyampaikan upaya mengenalkan destinasi wisata di Garut itu di antaranya dengan terus melakukan kegiatan promosi pariwisata melalui berbagai media maupun saat acara seperti pameran.

"Adapun promosi secara khusus, ya melalui giat-giat yang kita lakukan melalui pameran," katanya.

Objek wisata di Garut yang menarik dikunjungi di antaranya Taman Satwa Cikembulan di Kecamatan Kadungora yang cukup dekat lokasinya dari arah Bandung.

Selanjutnya ada wisata danau seperti Situ Cangkuang berikut ada Candi Cangkuang di Kecamatan Leles, kemudian Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, ada juga wisata desa lainnya.

Selain itu, ada wisata pegunungan seperti Taman Wisata Alam Gunung Papandayan di Kecamatan Cisurupan, lalu ada wisata pantai yang terbentang di wilayah selatan Kabupaten Garut.

Sejumlah wisata tersebut menawarkan data tarik tersendiri, seperti di Taman Satwa Cikembulan terdapat cukup banyak jenis satwa, dan menawarkan daya tarik atraksi memberi pakan untuk satwa liar yakni singa dan beruang.

Selain taman satwa, ada juga wisata taman air Sabda Alam di Cipanas Garut yang menyuguhkan lengkap permainan air dan ada juga ombak buatan.

Selain wisata air, Sabda Alam juga menawarkan destinasi wisata kuliner yang menyediakan kafe dengan sajian menu makanan dan minuman khas, ada juga penginapan bernuansa kemah dengan pemandangan alam pegunungan.

Direktur Sabda Alam, Beni Hidayat mengatakan, pihaknya menyediakan penginapan konsep Glamping atau Glamour Camping untuk bisa dinikmati oleh wisatawan, termasuk pengunjung bisa mencobanya saat libur pergantian tahun.

"Kita mencoba membuka tempat wisata baru, yaitu Glamping Resto di mana ke depan Glamping ini akan ada tempat menginapnya, dan ini belum ada di Garut," kata Beni.
(Tim liputan)

Editor : Aan
 

Share:
Komentar

Berita Terkini