BPN Jambi Target Tahun Depan Tertibkan 122 Ribu Sertifikat Tanah

Editor: Redaksi author photo

BPN Jambi Target Tahun Depan Tertibkan 122 Ribu Sertifikat Tanah
KALBARNEWS.CO.ID (JAMBI) - Kantor Badan Pertahanan Nasional (BPN) Provinsi Jambi menargetkan pada tahun depan bisa penerbitan 122 ribu sertifikat tanah untuk masyarakat Jambi. Senin (5 Desember 2022).

Kepala BPN Jambi, Wartomo kepada media di Jambi Senin mengatakan benar kita sudah ada target akan menerbitkan 122 ribu sertifikat tanah bagi masyarakat Jambi pada 2023 dan targetkan itu diharapkan dapat terealisasikan semua.


Pihak BPN saat ini juga sedang berproses untuk menyelesaikan beberapa konflik lahan yang ada di tengah masyarakat Jambi sesuai dengan komitmen dan arahan Menteri ATR/BPN.


"Kita berkomitmen untuk menyelesaikan segala bentuk konflik tanah atau lahan ini, sesuai dengan ketegasan Menteri ATR/BPN bahwa empat pilar yakni BPN, Pemerintah Daerah, aparat penegak hukum dan lembaga peradilan harus saling bersinergi dan melengkapi," katanya.


Saat ini dari catatan pihak BPN Provinsi Jambi ada enam daerah konflik yang ada dalam kewenangan BPN dengan dua konflik di antaranya sudah berhasil untuk diselesaikan dan sisanya dalam proses berjalan.


"Totalnya ada enam konflik namun dua sudah berhasil kita selesaikan, tinggal empat lagi yang saat ini sedang berproses untuk kita selesaikan dengan verifikasi administrasi, objek dan subjek dan akan berproses terus itu," kata Wartomo.


Sebelumnya beberapa hari lalu ada sebanyak 500 masyarakat Kota Jambi dan Kabupaten Muaro Jambi menerima sertifikat tanah dari Presiden Jokowi dan program ini merupakan bentuk komitmen dari pemerintah bidang agraria.

Wartomo juga mengatakan secara nasional ada sebanyak 1,5 juta sertifikat tanah yang diberikan secara simbolis oleh Presiden Jokowi pada acara yang dipusatkan di Istana Negara dan Provinsi Jambi mendapatkan bagian sebanyak 500 sertifikat tanah untuk dua daerah dan saat ini sudah diberikan sebanyak 500 sertifikat tanah, 250 untuk masyarakat Kota Jambi dan 250 lagi untuk masyarakat Kabupaten Muarojambi.

Di Provinsi Jambi sendiri pihak BPN Jambi menargetkan akan menyelesaikan 68.634 bidang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan 4.654 bidang lainnya, jadi totalnya ada 73 ribu lebih bidang tanah yang akan kita selesaikan dan mudah-mudahan target kita bisa kita selesaikan 100 persen sampai akhir tahun ini.

Penyerahan sertifikat tanah ini juga termasuk dengan penyelesaian konflik masyarakat SAD kelompok 113 dengan pihak perusahaan di Kabupaten Batang Hari yang telah berlangsung selama kurang lebih 35 tahun.

Dari 500 sertifikat itu sudah ada 11 sertifikat secara komunal dimana dua sudah selesai dan perwakilan masyarakatnya sudah menerima langsung dari Presiden Jokowi di Istana Negara, sementara sembilan sertifikat lainnya masih berproses, kata Wartomo. (Tim Liputan)

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini