Bidang Peternakan Kota Sorong Pantau PMK datangi kandang peternak

Editor: Redaksi author photo

Bidang Peternakan Kota Sorong Pantau PMK datangi kandang peternak
KALBARNEWS.CO.ID (SORONG) - Tim Bidang Peternakan pada Dinas Pertanian Kota Sorong, Provinsi Papua Barat melakukan surveilans dan monitoring terhadap hewan ternak masyarakat, sebagai upaya pencegahan penyakit mulut dan kuku atau PMK. Kamis (1 Desember 2022).

Tim yang dipimpin Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kota Sorong Firdiana Krisnaningsih, mendatangi kandang ternak sapi dan kambing warga dari Kelurahan satu ke Kelurahan lain untuk mengambil sampel darah hewan ternak.

Medan monitoring penyakit mulut dan kuku di kota Sorong adalah Kelurahan Giwu sebab tim peternakan harus menyeberang sungai menuju peternakan milik warga untuk melakukan pemeriksaan sekaligus memberikan vitamin dan obat cacing kepada ternak kambing dan sapi warga.

Firdiana Krisnaningsih mengatakan bahwa kota Sorong masuk dalam zona hijau daerah yang bebas dari penyakit mulut dan kuku.

Karena itu, kata dia, pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian menaruh harapan bagi daerah zona hijau PMK termasuk kota Sorong agar terus melakukan monitoring dan upaya pencegahan.

Ia menjelaskan kegiatan turun lapangan guna pengambilan sampel darah dan pemeriksaan kesehatan hewan ternak masyarakat yakni Sapi dan Kambing hari ini adalah bagian dari monitoring dan upaya pencegahan PMK.

Sebab penyakit mulut dan kuku sangat rentan bagi hewan-hewan yang berkuku belah seperti sapi, kambing, babi, kuda, dan kerbau.

Hewan-hewan jenis inilah yang kemudian menjadi fokus Dinas Pertanian Kota Sorong untuk melakukan monitoring terhadap penyakit mulut dan kuku.

Dikatakan pengambilan sampel darah 30 November dan 1 Desember 2022 sebanyak 100 sampel darah kambing dan 50 sampel darah sapi ternak masyarakat berhasil diambil oleh tim untuk diperiksa pada laboratorium yang ditunjuk Kementerian Pertanian.

"Kegiatan monitoring dan pengambilan sampel masih akan berlanjut ke depan untuk ternak babi kemudian sampel hewan ternak tersebut akan dikirim untuk diperiksa guna memastikan kota Sorong bebas dari PMK," katanya.
(Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini