Bawaslu Sulbar Tingkatkan Partisipasi Perempuan Awasi Pemilu

Editor: Redaksi author photo

Bawaslu Sulbar Tingkatkan Partisipasi Perempuan Awasi Pemilu
KALBARNEWS.CO.ID (MAMUJU) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) meningkatkan partisipasi pemilih perempuan pada pengawasan Pemilu 2024.

"Bawaslu Sulbar telah mengikuti konsolidasi perempuan pengawas pemilu 2024 yang diikuti anggota Bawaslu perempuan dari seluruh wilayah Indonesia," kata Ketua Bawaslu Sulbar Fitrinela Patonangi di Mamuju, Rabu (21 Desember 2022).

Ia mengatakan Bawaslu akan melakukan berbagai upaya dengan melaksanakan program untuk memperkuat peran perempuan dalam pengawasan pemilu.

"Konsolidasi nasional perempuan pengawas pemilu tersebut merupakan momentum menyatukan kekuatan, semangat, dan membangun komitmen bahwa keterlibatan perempuan dalam pemilu, sebagai sebuah keharusan bagi demokrasi Indonesia untuk menciptakan bangsa yang lebih bermartabat dan menciptakan pemilu berintegritas," katanya.

Ia mengatakan perempuan bukan hanya akan dilibatkan dalam mengusung isu pemilu atau penguatan literasi dalam pemilu.

Namun lebih dari itu, untuk memberikan kesempatan bagi perempuan untuk terlibat aktif dan mencapai posisi strategis di pemilu.

Hal itu, lanjutnya, sebagai upaya konkret atas keberpihakan kebijakan publik oleh pemerintah terhadap perempuan di pemilu.

"Jumlah perempuan semakin banyak menjadi pengawas pemilu di tingkat pusat, provinsi dan kabupaten dan kota se-Indonesia, sehingga hal tersebut akan lebih didorong dengan melibatkan perempuan dalam proses pengawasan pemilu," katanya.

Ia mengatakan penguatan perempuan dalam pengawasan pemilu akan dilaksanakan dengan menumbuhkan kesadaran perempuan agar masing masing memiliki peran penting dalam pengambilan keputusan pengawasan

"Dengan demikian, jika perempuan berperan aktif dalam pengawasan pemilu, maka pemilih perempuan yang ada di Indonesia akan bertambah dan partisipasi perempuan akan semakin meningkat yang akan berdampak pada kualitas demokrasi yang juga akan meningkat," katanya.

Ia berharap, partisipasi masyarakat, terutama kelompok perempuan untuk mengawasi pemilu di Sulbar mulai dilaksanakan.


"Perempuan harus bisa saling menguatkan, harus bisa saling bergandeng tangan untuk menjaga demokrasi agar lebih maju, dengan melakukan dan mensukseskan pengawasan pemilu," katanya.
(Tim Liputan)

Editor : Aan
 

 

Share:
Komentar

Berita Terkini