Asisten II Buka Kegiatan Peningkatan Kapasitas Forum Anak Daerah Kabupaten Sintang

Editor: Redaksi author photo

 Peningkatan Kapasitas Forum Anak Daerah Kabupaten Sintang
KALBARNEWS.CO.ID (SINTANG) - Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Yustinus J membuka pelaksanaan Peningkatan Kapasitas Forum Anak Daerah Kabupaten Sintang di Langkau Kita. Jumat (9 Desember 2022). 

Peningkatan Kapasitas Forum Anak Daerah Kabupaten Sintang diselenggarakan oleh Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sintang bekerjasama dengan Wahana Visi Indonesia Area Sintang Melawi. Kegiatan diikuti oleh 80 pengurus dan anggota Forum Anak Daerah Kabupaten Sintang. 

Yustinus J Asisten Perekonomian dan Pembangunan memberikan apresiasi kepada forum anak daerah yang sudah mau terlibat dalam berbagai kreatifitas dalam mengisi waktu luang, terlebih komitmen anak-anak dalam menyuarakan stop pernikahan anak dan suara anak dalam mendukung pembangunan. 

“Anak adalah bagian yang tidak terpisahkan dari keberlangsungan hidup manusia dan keberlangsungan sebuah bangsa dan negara. Agar kelak mampu bertanggung jawab dalam keberlangsungan bangsa dan negara, setiap anak perlu mendapat kesempatan yang seluas-luasnya untuk hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi,” terang Yustinus J

Yustinus J mengatakan untuk mewujudkan Kabupaten Sintang layak anak, dibutuhkan komitmen yang kuat, sinergitas dan forum anak sebagai wadah yang dapat digunakan oleh anak untuk menyuarakan aspirasi, kebutuhan, keinginan, bahkan kekhawatiran anak tentang pemenuhan hak dan perlindungannya, dengan demikian melalui forum anak, anak-anak dapat mengekspresikan pandangannya serta dapat berperan aktif dalam proses pembangunan dengan  mempertimbangkan nilai-nilai dan kearifan lokal, etika dan sopan santun.

“Anak-anak yang ada di Kabupaten Sintang, Pemkab Sintang dan kami orangtua sangat mendukung untuk memberikan ruang partisipasi anak dalam pembangunan, mengembangkan rasa nasionalisme, kebhinekaan, persaudaraan, mempertahankan nilai-nilai luhur budaya dan karakter bangsa dan mampu menjadi inspirator muda pelopor dan pelapor pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak” tegas Yustinus J

 Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan mengajak  mari kita bersama melindungi anak anak kita, memberikan informasi dan pengetahuan untuk meningkatkan kapasitas anak sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya. memformulasikan pokok-pokok pikiran, pendapat dan pandangan anak sebagai bahan masukan dalam memformulasikan kebijakan pembangunan anak. Mengembangkan peran bersama masyarakat dan keluarga.

“Perlindungan anak pasti akan menuju Kabupaten Sintang layak anak. Dan kepada para tim pendamping untuk bekerja bersama anak dalam menyusun rencana tindak lanjut pengembangan program pemenuhan hak anak dan pelindungan khusus anak. memperkuat organisasi forum anak menghadapi tantangan ke depan yang lebih kompleks,” tutup Yustinus J. (Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini