Sebanyak Empat Kabupaten Pamerkan Produk Kerajinan Di BIMP-EAGA

Editor: Redaksi author photo

Sebanyak Empat Kabupaten Pamerkan Produk Kerajinan Di BIMP-EAGA
KALBARNEWS.CI.ID (PONTIANAK) - Sebanyak empat kabupaten/kota di Kalimantan Barat ikut berpartisipasi dalam pameran kerajinan tangan khas Kalbar di kegiatan pertemuan BIMP-EAGA (Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area) ke-25 tahun 2022 di Pontianak. Rabu (23 November 2022).

"Ini tidak dari seluruh kabupaten, tetapi ada empat kabupaten yang berpartisipasi dalam pameran di BIMP-EAGA ini. Ada Kabupaten Mempawah, Landak, Kayong Utara dan Bengkayang. Jadi mereka menampilkan juga produk-produk mereka yang potensial untuk ditampilkan dalam kegiatan BIMP-EAGA ini," kata Kepala Seksi Promosi Perdagangan Luar Negeri, Yudi Suheri

Dia mengatakan bahwa dalam pemeran tersebut pihaknya menampilkan produk-produk unggulan lokal Kalbar semua yang sudah pernah ikut pameran dan pelatihan.

"Jadi saya menampilkan produk-produk unggulan yang siap untuk ekspor di bidang kami khususnya. Jenis produk yang kita pamerkan di sini ada kerajinan dari tenun, kerajinan dari kulit kayu kapuak, seperti tas-tas maupun kerajinan dari manik-manik yang khas dari Kalbar," tuturnya.

Selain itu, dia mengatakan pihaknya mendatangkan desainer dari luar. Kemudian produk-produk tersebut dapat ditingkatkan lagi agar naik kelas.

"Lebih bagus lagi pasar-pasarnya kita carikan juga yang cocok dengan produk-produk tersebut. Jadi negara-negara mana yang cocok, kita tampilkan di sini," katanya.

Yudi Suheri mengatakan bahwa momentum ini merupakan sebuah kesempatan emas agar produk-produk yang dipamerkan dapat semakin dikenal oleh negara luar. Sehingga dia berharap agar produk-produk tersebut dapat berskala ekspor.

"Kita harus memanfaatkan kesempatan ini, sehingga potensi untuk kita memetakan produk-produk unggulan dapat dikenal oleh negara-negara dalam kegiatan pertemuan BIMP-EAGA ini. Kami berharap produk-produk ini dapat berskala ekspor," kata Yudi.

Sementara itu, di tempat yang sama, delegasi dari Malaysia, Kementerian Utiliti dan Komunikasi Sarawak, Chang Seng Yu turut hadir dalam kegiatan pertemuan BIMP-EAGA tersebut. Dia mengatakan tertarik untuk melihat dan membeli produk-produk pameran khas Kalbar tersebut, seperti tas.

"Ini suvenir saya tengok cantik dan unik, harga pun oke. Jadi saya beli, bisa digunakan untuk berbagai hal," kata Chang Seng Yu.
(Tim liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini