Rakornas TP-PKK Pusat Membahas Strategi Pengembangan Pariwisata

Editor: Redaksi author photo

Rakornas TP-PKK Pusat Membahas Strategi Pengembangan Pariwisata
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Mewakili Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kalimantan Barat, Ketua Bidang I TP PKK Provinsi Kalimantan Barat Ny. Windy Prihastari, S.STP., M.Si. menghadiri Rapat Koordinasi Nasional TP PKK Tahun 2022 dengan tema "Pemantapan Program untuk Keberhasilan Rencana Induk Gerakan PKK 2021-2024" yang dibuka langsung oleh Ibu Negara Republik Indonesia,. Ny. Iriana Joko Widodo dan dilanjutkan dengan pemaparan dari berbagai narasumber di Grand Ballroom JIEXPO Convention Center Arena JIEXPO Kemayoran Jakarta Pusat, Senin (28 November 2022).

"Rakornas ini sangat penting untuk menyelaraskan program dan juga capaian target-target program yang telah diselenggarakan PKK, membuat gerakan PKK makin maju dan bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara," ungkap Ny. Iriana.

Kemudian dalam menghadapi krisis pangan yang terjadi saat ini, Ny Iriana mengungkapkan sejumlah program dapat dilakukan oleh TP PKK seperti penguatan kemandirian dan ketahanan pangan keluarga dengan gerakan menanam tanaman yang bermanfaat bagi konsumsi keluarga.

"Saya berharap untuk penanaman tanaman obat keluarga (toga) juga dilanjutkan kembali karena sekarang adanya pandemi ini tanaman toga sangat bermanfaat bagi kita semuanya," pintanya.

Sementara itu, usai melaksanakan Rakornas TP PKK Tahun 2022, Ketua Bidang I TP PKK Provinsi Kalimantan Barat menyampaikan bahwa program kegiatan PKK di daerah terkait dengan pembangunan dan kesejahteraan keluarga diharapkan dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan perangkat daerah terkait.

"Kebetulan saya tadi diberi kesempatan untuk berbicara bagaimana mengoptimalisasikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dalam peningkatan pendapatan keluarga, karena kita (Pemprov Kalbar) ada program desa wisata yang sudah di MOU antara Kemendes dengan Kemenparekraf dan bagaimana kita nanti memaksimalkan peran dari Tim Penggerak PKK dalam rangka optimalisasi terhadap pendapatan keluarga," jelas Ny. Windy Prihastari.

Kemudian terkait dengan sikap yang harus diterapkan oleh Tim Penggerak PKK untuk ikut serta dalam bersikap serta beretika terhadap penggunaan media sosial serta dalam mensosialisasikan media sosial kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan media sosial secara baik dalam menyebarluaskan informasi.

"Diharapkan Tim Penggerak PKK Menyebarluaskan informasi dan ikut serta di dalam pembangunan masing-masing di Pemerintah Daerah," ungkapnya.

Sebagai informasi kegiatan pelaksanaan rakor tingkat nasional tahun 2022 dilaksanakan selama 2 hari mulai dari tanggal 28 November 2022 hingga 29 November 2022 yang dihadiri oleh Ketua Umum TP PKK Pusat, Ny. Tri Tito Karnavian Tim Penggerak PKK Pusat, Ketua Pengurus Tim Penggerak PKK Provinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia.

Adapun hasil yang diharapkan dalam rakor tersebut yakni tercapainya persamaan persepsi tentang kebijakan pemerintah dan gerakan PKK secara nasional, Terinformasikannya kebijakan dan program secara langsung kepada TP PKK Provinsi, Kabupaten dan Kota serta terwujudnya persatuan dan kesatuan perekat keutuhan bangsa.(BP)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini