Pasar Hijab Lokal Senilai Rp 91 Triliun per Tahun Dikuasai Produk Impor

Editor: Redaksi author photo

 Pasar Hijab Lokal Senilai Rp 91 Triliun per Tahun Dikuasai Produk Impor
KALBARNEWS.CO.ID (BANDUNG) -- Berdasarkan data terbaru dari World Economic Forum (WEF), masyarakat Indonesia menghabiskan Rp 91 triliun per tahun untuk belanja lebih dari 1 triliun hijab setiap tahunnya. Tetapi sangat disayangkan, sekitar 75% masih dikuasai oleh produk-produk impor. Temuan dari artikel WEF yang ditulis oleh social commerce Evermos tersebut menjadi topik yang sedang hangat diperbincangkan publik, bahkan hingga ke beberapa tokoh masyarakat. Jumat (25 November 2022)

Sebagai salah satu negara dengan penduduk muslim terbanyak, tak heran jika pasar busana muslim seperti hijab di Indonesia begitu besar. Arsjad Rasjid, Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia menanggapi artikel tersebut dalam tulisannya,


"Besarnya pasar busana muslim di Indonesia ini sudah terbukti. Selama 10 tahun terakhir, negeri kita telah menjadi trendsetter fesyen muslim di dunia. Bahkan pada tahun 2022, beragam acara pekan mode muslim nasional hingga internasional telah diselenggarakan."


"Lantas mengapa produk lokal hanya menguasai 25% dari pasar hijab tersebut? Jawabannya adalah karena produk-produk impor yang lebih murah mudah sekali masuk ke pasar kita. Dengan rendahnya tarif, minimnya hambatan masuk ke Indonesia, serta merebaknya platform e-commerce internasional yang memudahkan konsumen membeli barang impor, tentu saja hal ini dapat terjadi," jelas Arsjad Rasjid.


Anwar Abbas, Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang juga merupakan ahli ekonomi islam menyampaikan, "hal ini tentu jelas sangat membebani cadangan devisa kita dan juga akan sangat mempengaruhi serta merugikan usaha dalam negeri."


Satu suara dengan kedua tokoh masyarakat sebelumnya, Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, juga memberikan tanggapan terhadap artikel WEF tulisan Evermos tersebut, "kita harus merebut pasar dan jadi juara di negeri sendiri. Ini peluang usaha yang potensial dan mampu membuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi masyarakat, jadi harus kita optimalkan."


Pemangku kepentingan perlu bekerja sama supaya produk lokal menangkan pasar domestik

Menurut Anwar Abbas dan Arsjad Rasjid terdapat beberapa pihak yang perlu terlibat untuk dapat merebut kembali pasar hijab Indonesia, yaitu mulai dari para pengusaha, pemerintah, masyarakat sipil, hingga para pemakai hijab.


Anwar Abbas menyampaikan, "pertama untuk para pengusaha, kita perlu meningkatkan kreativitas dan efisiensi produksi hijab lokal. Kita pasti bisa memproduksi barang-barang yang jauh lebih menarik, jauh lebih lebih berkualitas dan jauh lebih murah daripada hasil produksi luar negeri."


Selaras dengan pemikiran ini, Arsjad Rasjid menjelaskan bahwa KADIN telah sedang menjalankan beberapa program untuk para pengusaha. Program-program ini diharapkan dapat melahirkan pengusaha baru dan mendorong UKM untuk meningkatkan skala produksinya dan menangkap pasar yang lebih luas.


Upaya serupa juga dihadirkan oleh Evermos, penulis artikel WEF yang tengah diperbincangkan. Ghufron Mustaqim, CEO dan Co-founder Evermos, menyampaikan "Dengan menghubungkan brand lokal dengan jaringan ratusan ribu reseller aktif kami di seluruh Indonesia, Evermos membantu para pengusaha untuk dapat memperluas pasarnya hingga Sabang dan Merauke."


Anwar Abbas melanjutkan dalam tanggapannya, "kemudian, kita juga mengharapkan pemerintah dapat senantiasa terus mendukung dan memberikan perhatian lebih kepada industri hijab, sehingga pasar hijab dalam negeri benar-benar bisa dikuasai oleh produksi lokal."

Dalam hal ini, Sandiaga Uno menjelaskan bahwa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan terus menggenjot sektor ekonomi kreatif. Beberapa genjotan tersebut antara lain dengan memberikan kemudahan untuk pelaku usaha ekonomi kreatif serta meluncurkan berbagai program seperti program Apresiasi Kreasi Indonesia dan program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.


"Bukan hanya Bangga Buatan Indonesia, tapi juga bangga beli produk kreatif lokal. Local pride! Itu yang harus ditanamkan, sehingga potensi luar biasa ini bisa berdampak langsung kepada masyarakat," lanjut Sandiaga Uno, yang mengajak masyarakat untuk lebih banyak menggunakan produk lokal.


Proyeksi pasar global fesyen muslim hingga USD 313 miliar, potensi besar untuk Indonesia

Mengacu pada data WEF, pasar global busana muslim seperti hijab telah mengalami peningkatan sebesar 5,7% dari USD 279 miliar menjadi USD 295 miliar di tahun 2021. Diperkirakan akan terus tumbuh, sektor ini diproyeksikan meningkat hingga 6% atau setara dengan USD 313 miliar pada tahun 2022.

Sandiaga Uno berpendapat, "Proyeksi ini membuktikan besarnya potensi pasar hijab dunia. Oleh karena itu, peluang usaha ini harus dimenangkan oleh pengusaha domestik untuk membuka lebih banyak lapangan kerja dan peluang usaha."


Menurut Anwar Abbas, ketika produk hijab dalam negeri dapat bersaing di pasar global, hal ini akan menambah cadangan devisa negara dan membuat Indonesia semakin kompetitif di mata dunia. Hal ini diharapkan dapat menarik lebih banyak turis atau ekspatriat untuk datang ke Indonesia dan melakukan transaksi domestik seperti bisnis, wisata, atau berbelanja. "Bila hal ini menjadi kenyataan, maka dampaknya jelas akan sangat positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan perekonomian nasional," jelas Anwar Abbas.


Evermos merupakan social commerce nomor 1 di Indonesia berdasarkan riset dari Populix dan Tech in Asia. Dengan visi #EkonomiGotongRoyong, Evermos hadir untuk membantu brand menjangkau lebih banyak pelanggan, reseller memperoleh penghasilan tambahan, dan konsumen untuk mendapatkan produk berkualitas. Evermos menyediakan ekosistem yang suportif dan komprehensif secara end-to-end bagi ketiga stakeholders tersebut, mulai dari aplikasi Evermos yang berisi interface produk, marketing & sales kit, pelatihan untuk reseller, hingga ke laman transaksi.


Evermos berkomitmen penuh untuk mendukung Pemerintah mewujudkan ekonomi inklusif terutama bagi masyarakat di luar kota Tier 1, melalui transformasi digital dan pembukaan lapangan pekerjaan. Selain dampak bisnis, dampak sosial juga menjadi komitmen dari Evermos, antara lain dengan empowering grassrootwomen and a mother at work (lebih dari 70% reseller Evermos merupakan perempuan).


Evermos berhasil mendapatkan pendanaan Seri B di tahun 2021 senilai lebih dari Rp 540 Milyar. Di tahun yang sama, Evermos berhasil masuk ke dalam daftar prestisius Forbes Asia 100 to Watch sebagai salah satu dari 100 perusahaan baru di wilayah Asia-Pasifik yang mampu memberikan perubahan sosial dan bertumbuh dengan cepat.


Evermos juga merupakan anggota dari Global Innovator bagian dari World Economic Forum dan berpartisipasi aktif dalam pembahasan ekonomi dunia, khususnya pada sektor UMKM. Pada tahun 2022, Evermos berhasil mengumpulkan 5 prestasi sekaligus, yakni masuk ke dalam daftar Forbes 30 Under 30 Asia, memenangkan Internasional 3G Championship Award for Women Empowerment oleh Cambridge IFA di Dubai, menjadi bagian dari Endeavor Entrepreneur, mendapatkan penghargaan dari Financial Times dan International Finance Corporation yaitu Transformational Business Awards 2022 untuk kategori Gender-Lens Finance Category, serta diberikan penghargaan dari UN Women Indonesia Women's Empowerment Principles Award 2022 untuk kategori Transparency & Reporting Category.(Tim Liputan)

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini