Desa Titian Kuala Wakili Kalbar Lomba Keterbukaan Informasi Publik

Editor: Redaksi author photo

Desa Titian Kuala Wakili Kalbar Lomba Keterbukaan Informasi Publik
KALBARNEWS.CO.ID (KAPUAS HULU ) - Desa Titian Kuala Kecamatan Selimbau wilayah Kabupaten Kapuas Hulu mewakili Provinsi Kalimantan Barat dalam lomba keterbukaan informasi publik kategori desa pada tingkat nasional. Minggu (20 November 2022)

"Desa Titian Kuala patut menjadi contoh bagi desa lainnya, menang di tingkat provinsi dan masuk nominasi di tingkat nasional mewakili Kalbar," kata Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat, di Putussibau Kapuas Hulu, Minggu.

Menurut Wahyudi, keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat yang bertujuan untuk mewujudkan good governance.

Menurut dia, pengelolaan informasi publik yang baik salah satu upaya untuk mengembangkan masyarakat informasi.

Tidak hanya itu, keterbukaan informasi publik juga memberikan hak bagi setiap orang untuk mengetahui rencana, program, proses, alasan pengambilan suatu kebijakan publik.

"Keterbukaan informasi publik berkaitan dengan hajat hidup orang banyak sehingga mendorong partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan publik," jelas Wahyudi.

Dia berharap, badan publik Kabupaten Kapuas Hulu dapat lebih meningkatkan keterbukaan informasi ke publik, sehingga mendorong penyelenggaraan negara yang baik yaitu transparansi, efektifitas, efisiensi dan akuntabel.

Wahyudi juga berpesan agar seluruh desa yang ada di Kapuas Hulu dapat menerapkan keterbukaan informasi publik terutama dalam membangun desa yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat di desa.

"Saya berharap desa yang lain bisa belajar ke Desa Titian Kuala bagaimana desa tersebut dapat menerapkan keterbukaan informasi publik," pesannya.
Pewarta : Teofilusianto Timotius
. (Tim Liputan).

Editor : Aan


Share:
Komentar

Berita Terkini