BMKG: Keluarkan Peringatan Gelombang Tinggi Masyarakat Diminta Tetap Waspada

Editor: Redaksi author photo

BMKG: Keluarkan Peringatan Gelombang Tinggi Masyarakat Diminta Tetap Waspada
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian Kabupaten/ kota di kalbar  akan turun hujan pada hari ini, Minggu (20 November 2022).

Di kutip dari situs resmi BMKG, Ahad, wilayah Sintang, Sekadau, Pontianak, Mempawah, Bengkayang, Kubu raya, dan Singkawang  akan diguyur hujan lebat yang dapat disertai angin kencang  dan petir.

Stasitus Kklimatologi Kalimantan Barat untuk pantuan kualitas udara terkini secara umum berada dalam kategori baik.

Stasiun Meteorologi Supadio mengeluarkan pantaun titik panas. Untuk pantuan hotspot berdasarkan deteksi titik panas menggunakan sensor VIRS dan MODIS pada satelit polar memberikan gambaran lokasi wilayah yang mengalami kebakaran hutan/lahan. Satelit akan mendeteksi anomali suhu panas di wilayah dibandingkan dengan sekitarnya. Observasi di lakukan pada siang dan malam hari untuk masing-masing satelit, pada daerah yang tertutup awan  atau balnk zone, hotspot di wilayah tertentu tidak dapat terdeteksi. Koordinat titik panas kalbar dipantau tidak terdeteksi adanya titik panas.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi.

Tinggi gelombang 1.25 -2,5 meter (sedang) berpeluang terjadi di perairan Anabas, perairan selatan kepulauan Anabas, perairan barat Kepulauan Natuna, perairan utara kepulauan Natuna, perairan selatan Kepulauan Natuna, perairan Kepulauan Subi-Serasan, Laut Natuna Dan perairan Kepulauan Karimata.

Tinggi gelombang 2,5 – 4,0 meter (Tinggi) berpeluang terjadi di wilayah Laut Natuna Utara.

BMKG menghimbau harap diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran untuk perahu nelayan dengan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter, kapal tongkang kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter, kapal fery kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter, kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar dengan kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4 meter.

Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap waspada. (Tim Liputan)

Editor : Aan

 

 


Share:
Komentar

Berita Terkini