Bupati Kayong Utara Sosialisasikan Bangga Kencana Dan Percepatan Penurunan Stunting

Editor: Redaksi author photo

Bupati Kayong Utara Sosialisasikan Bangga Kencana Dan Percepatan Penurunan Stunting
KALBARNEWS.CO.ID (KAYONG UTARA) - Bupati Kayong Utara Citra Duani memberikan sosialisasi Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting pada ratusan masyarakat yang hadir pada kegiatan sosialisasi bersama Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting bersama mitra kerja, di Pendopo Bupati Kayong Utara. Pada kegiatan itu, ia berpesan agar para keluarga cukup memiliki dua anak. Selasa ( 12 Oktober 2022).

"Saya berharap, pada masyarakat yang hadir dikegiatan ini, untuk benar-benar menyerap informasi Bangga Kencana dan penurunan stunting. Sepulang dari sini, informasi yang sudah didapat diharap disampaikan lagi ke masyarakat lainnya," ujar Bupati Kayong Utara Citra Duani.

Citra  menyampaikan dua hal pada masyarakat. Pertama tentang jalannya program Bangga Kencana di Kayong Utara pantauannya sudah berjalan baik. Paling sederhana adalah, tentang KB, sudah diketahui oleh masyarakat akar. 

Citra melanjutkan, jargon dua anak cukup, juga terus digaungkan. Iapun yakin, saat ini banyak keluarga di Kayong yang menjalankan program dua anak. Namun tak ditutupi, untuk daerah yang belum teraliri listrik full 24 jam agak rentan memiliki banyak anak. Tetapi ia yakin untuk program Bangga Kencana di Kayong Utara sudah berhasil.

Saat ini, Pemda tinggal berupaya menurunkan angka stunting yang masih di 24,5 persen. Mudah-mudahan target 14 persen nasional di 2024 bisa diraih oleh Kayong Utara.

Agar anak terhindar stunting kuncinya asupan makan sejak bayi dalam kandungan harus bergizi. Pemda Kayong Utara dalam upaya menurunkan stunting juga sudah banyak berbuat. Salah satunya dengan membentuk Tim Percepatan Peurunan stunting mulai dari tataran Pemda, hingga ke jajaran desa.

Pelaksana Tugas Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Barat, Muslimat menuturkan prevalensi stunting di Kalbar mencapai 29,8 persen. Angka stunting di Kayong Utara 24,5 persen. Nasional menarget di 2024 stunting turun di 14 persen.

 "Kayong sendiri menarget di tahun depan stunting bisa urun 17,24 persen. Kemudian di 2024 stunting bisa turun 13 persen," ungkapnya.

Dalam upaya penurunannya harus dilakukan bersama. Selain itu, soal data harus dikuatkan. Sehingga jalannya program di lapangan bisa berjalan dengan baik dan sesuai harapan.( Tim Liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini