IKIP PGRI Pontianak Lakukan Pengabdian Masyarakat Di Landak

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - IKIP PGRI Pontianak melakukan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di Mempawah Hulu Kabupaten Landak sebagai bagian dari tridarma perguruan tinggi. Kegiatan ini di lakukan oleh dosen prodi pendidikan sejarah merupakan sebuah rangkaian kegiatan. Sebelum menyelenggarakan PKM team dosen yang terdiri dari Dr. Muhammad Syaifulloh, M.Pd, Dr. Hana M. M.Pd, Agus Dediansyah, Sahid Hidayat, M.Pd dan Dr.Basuki Wibowo, M.Pd menyelenggarakan riset tentang Dayak Gado.

 Hasil dari penelitian tersebut kemudian di jadikan sebagai media untuk mewariskan budaya kepada generasi muda. Kegiatan yang di selenggarakan selama 2 hari ini merupakan upaya program studi pendidikan sejarah untuk mengenalkan sejarah lokal Masyarakat Dayak Gado kepada generasi muda terutama anak-anak. Anak-anak menyambut antusias kegiatan ini karena mereka mendapat cerita tentang daerahnya dengan pendekatan sesuai dengan umur mereka. 

Dr. Muhammad Syaifulloh, M.Pd selaku ketua kegiatan mengatakan bahwa kegiatan ini akan di tindak lanjuti oleh laboratorium Historica Didactica pelatihan pengelolaan barang peninggalan Masyarakat menjadi Museum Dayak Gado.

Upaya program studi pendidikan sejarah yang ingin merintis Museum Dayak Gado merupakan kegiatan rutin yang tahun lalu sudah di lakukan di Kabupaten Sambas dengan merintis Museum Tenun Sahidah Sambas (MTSS).

Program ini sesuai dengan slogan The Best IKIP PGRI Pontianak. Rektor IKIP PGRI Pontianak, M. Firdaus, M.Pd mendorong IKIP PGRI Pontianak sebagai pelopor adanya museum pendidikan di Kalimantan Barat. (Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini