Presiden Jokowi Bersama 34 Gubernur Resmikan Dimulainya Pembangunan Ibukota Nusantara

Editor: Redaksi author photo
Presiden Jokowi Bersama 34 Gubernur Resmikan Dimulainya Pembangunan Ibukota Nusantara
KALBARNEWS.CO.ID (PENAJAM PASER UTARA) – Dengan menyerahkan dua buah tempayan kecil yang berisikan tanah dari titik 0 garis Equator bumi dan air dari pertemuan antara Sungai Kapuas dan Sungai Landak yang berada di Provinsi Kalimantan Barat kepada Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo, Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji S.H., M.Hum., menghadiri Persiapan Program Strategis Nasional dalam Pembangunan Titik Nol Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022).

“Hari Senin tanggal 14 Maret tahun 2022, kita hadir bersama-sama di sini dalam rangka mewujudkan sebuah cita-cita besar dan pekerjaan besar yang akan segera kita mulai, yaitu pembangunan Ibu Kota Nusantara. Saya hadir di sini bersama 34 gubernur dari seluruh tanah air dan 15 orang tokoh masyarakat Kalimantan Timur,” ujar Presiden RI saat memberikan sambutan.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, Ph.D., mendapat kesempatan pertama untuk menyerahkan tanah dan air yang dibawanya kepada Presiden. Kemudian, secara bergiliran masing-masing kepala daerah melakukan hal yang serupa dan ditutup dengan air dan tanah yang diberikan oleh Gubernur Kalimantan Timur,  Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para Gubernur. Ini merupakan bentuk dari kebhinekaan dan persatuan yang kuat diantara kita dalam rangka membangun Ibu Kota Nusantara. Kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI, Polri, swasta, dan seluruh masyarakat dalam mendukung pembangunan IKN ini akan sangat membantu agar apa yang kita cita-citakan bisa segera terwujud,” ujar Kepala Negara RI.

Menutup sambutannya, Presiden menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh komponen bangsa yang telah mendukung dimulainya pembangunan Ibu Kota Nusantara.

“Ucapan terima kasih juga saya tujukan kepada lembaga-lembaga tinggi negara yakni MPR RI, DPR RI, DPD RI, Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi, Badan Pemeriksa Keuangan, Komisi Yudisial, dan seluruh komponen masyarakat, dalam mendukung dimulainya pembangunan Ibu Kota Nusantara ini. Kita berdoa, semoga mendapat hidayah dan barakah dari Allah Swt untuk memberikan kemudahan dan kelancaran dalam membangun Ibu Kota Nusantara,” harap Ir. H. Joko Widodo.

Usai prosesi, Presiden dan Ibu Negara, Ny. Hj. Iriana Joko Widodo, melakukan penanaman pohon di Titik Nol IKN. Presiden menanam pohon meranti merah, sedangkan ibu negara menanam pohon kamper. Pada kesempatan tersebut, para kepala daerah juga menanam tanaman khas dari masing-masing daerah.

Turut hadir pada acara tersebut Ketua MPR, Bambang Soesatyo, Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Siti Nurbaya, Menteri BUMN Republik Indonesia, Erick Thohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, Basuki Hadimuljono, Menteri Investasi/Kepala BKPM Republik Indonesia, Bahlil Lahadalia, Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono, serta Wakil Kepala Otorita IKN, Dhony Rahajoe. (tim liputan).

Editor : Andar

Share:
Komentar

Berita Terkini